Usai Mudik Lebaran, Pendatang Baru di Tangerang Turun hingga 50 Persen

Warga tengah antre di Kantor Layanan Dukcapil Kota Tangerang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang mencatat penurunan angka pendatang baru usai periode arus balik mudik lebaran 2024 mengalami penurunan hingga 50 persen.

Berdasarkan data yang diterima, jumlah pendatang baru usai lebaran 2024 sebanyak 1.655 jiwa. Angka ini mengalami penurunan dibandingkan dengan 2023 dalam periode yang sama, dengan total 3.274 jiwa.

"Usai arus balik mudik memang ada fenomena urbanisasi. Tapi tahun ini, kita lihat dari data, ada penurunan pendatang baru dibandingkan tahun 2023 dan penurunan ini mencapai 50 persen," kata Kepala Disdukcapil Kota Tangerang Irman Pujahendra, Rabu, 17 April 2024.

Mulai 1 Juni 2024, Beli LPG 3 Kg Wajib Pakai KTP

Ilustrasi pendatang baru Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Meski demikian, pihaknya tetap meminta, agar warga pendatang yang ingin menetap di Kota Tangerang, segera mengurus administrasi kependudukan di Kota Tangerang, dengan membawa surat pindah dr daerah asal (SKPWNI).

"Dengan kesadaran masyarakat pendatang mengurus administrasi kependudukan, tentunya dapat memudahkan dalam pendataan kependudukan di Kota Tangerang," ujarnya.

Tak hanya itu, Irman juga mengatakan, bagi para pendatang bisa melakukan pendaftaran keberadaannya dengan membuat KK dan KTP-el secara online melalui aplikasi sobatdukcapil.tangerangkota.go.id.

"Bisa daftar online juga, atau offline melalui Kantor Disdukcapil atau di gerai dukcapil di Mall Tangcity, Mall Icon Walk, Mall Pelayanan Publik (MPP) dan di kecamatan setempat. Hanya bawa berkas dokumen SKPWNI dari daerah asal dan melampirkan KTP-el asli pemohon, sedangkan apabila melalui online sobatdukcapil bisa pilih fitur ‘Datang WNI’," ujarnya.

Polisi Bakal Ganti Nomor SIM dengan NIK KTP, Biar Apa?
Ilustrasi tersangka kasus kejahatan.

Sindikat Pemalsu Buku Nikah hingga Ijazah Palsu Ditangkap, Cara Buatnya Cuma Kirim Foto

Tarif jasa pembuatan dokumen palsu seperti KTP, SIM, ijazah palsu, hingga buku nikah dikenakan dengan tarif yang bervariasi.

img_title
VIVA.co.id
28 Mei 2024