Habib Rizieq Diperiksa dengan Status Tersangka

Kuasa hukum Habib Rizieq, Sugito Atmo Pawiro
Sumber :
  • VIVA / Kenny Putra (Jakarta)

VIVA – Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab dijadwalkan datang ke Mapolda Metro Jaya pada hari ini, Sabtu 12 Desember 2020. Kuasa hukum Habib Rizieq, Sugito Atmo Pawiro mengatakan, Habib Rizieq diperiksa dengan status tersangka.

Lalai dalam Melindungi Siswa, Sekolah Kinderfield Primary Simprug Dilaporkan ke Polda Metro Jaya

"Jadi begini, kemarin kan pemanggilan kedua tapi kami koordinasi dengan penyidik ada pemanggilan atau tidak. Tapi penyidik bilang tidak ada, tapi kalau beliau mau datang silakan. Sekarang dengan keadaan macam ini kami koordinasi sudah, hari Senin diperiksa  tapi ketika kami berkoordinasi dengan Habib Rizieq  hari Sabtu saja biar tidak simpang siur, dengan status tersangka," ujar Sugito di Mapolda Metro Jaya, Sabtu, 12 Desember 2020.

Diketahui, Habib Rizieq dijerat dengan pasal 160 KUHP tentang penghasutan dan pasal 216 KUHP tentang upaya melawan petugas, pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 mengenai karantina kesehatan.

Tersangka Pembunuhan Sempat Salah Beli Koper Buat Masukkan Jasad Wanita yang Dibuang di Cikarang

"Dan kami sudah tahu dan habib juga sudah tahu mengenai pasal 160 terkait penghasutan ini yang menjadi streching point. Bahwa ini ancaman hukumannya 6 tahun dan tentunya ada konsekuensi hukum yang harus dihadapi beliau," kata Sugito.

Sugito juga menjelaskan, awalnya kuasa hukum berkoordinasi dengan penyidik terkait pemeriksaan akan dilakukan pada Senin, 14 Desember 2020 depan. Namun, Habib Rizieq Shihab sendiri meminta diperiksa hari ini.

Polisi Sebut Jasad Wanita Dalam Koper di Cikarang Tidak Dimutilasi

"Tim lawyer sudah berkomitmen dengan penyidik bahwa pemeriksaan Habib Rizieq dilakukan pada hari Senin, tapi Habib Rizieq bilang tidak usah menunggu lama, nanti beritanya jadi simpang siur, beliau ingin mempercepat aja," ujar Sugito.

Baca juga: Beredar Barang Bukti Pedang Laskar FPI Mirip Kaya di Polres Ngawi

Pelaku pembunuhan mayat wanita dalam koper di Cikarang, Bekasi (topi tengah)

Terpopuler: Pembunuhan Wanita Dalam Koper, Harta Pj Gubernur DKI hingga Nomor Tilang Elektronik

Berita tentang rencana Prabowo untuk melibatkan Megawati dalam menyusun kabinet pemerintahannya juga menarik banyak perhatian pembaca VIVA.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024