Puncak Arus Balik Nataru, Volume Lalin Menuju Jakarta Naik 8 Persen

Ilustrasi Contraflow di Tol Cikampek.
Sumber :
  • Jabar

VIVA – Puncak arus balik Natal dan Tahun Baru diperkirakan terjadi malam ini. Untuk mengurai kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Jakarta, Jasa Marga memberlakukan contraflow dari KM 65-KM 47 Tol Jakarta-Cikampek.

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

Jasa Marga telah mendapatkan diskresi Kepolisian untuk memberlakukan perpanjangan rekayasa lalu lintas contraflow mulai dari KM 65 - KM 47 arah Jakarta sejak pukul 16.30 WIB. 

“Dengan diberlakukannya perpanjangan contraflow diharapkan dapat mencairkan kepadatan yang terjadi di ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek,” kata General Manager, Representative Office 1, Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division, Widiyatmiko Nursejati, melalui keterangan tertulis, Minggu 3 Januari 2021.

Polisi Sebut Pengemudi Mobil Fortuner Arogan Ditangkap Saat Sembunyi di Rumah Kakaknya

Baca juga: Jokowi Resmi Teken PP Hukuman Kebiri untuk Predator Seksual Anak

Karena itu Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan, serta membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area.

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

“Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan,” jelasnya.

Selain itu Jasa Marga mencatat 144.550 kendaraan menuju Jakarta pada hari kedua Tahun Baru 2021 (2 Januari 2021). Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas dari beberapa Gerbang Tol yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur), GT Cikupa (arah Barat), dan GT Ciawi (arah Selatan). 

Total volume lalin yang menuju Jakarta ini naik 8,3 persen jika dibandingkan lalin normal baru. Untuk distribusi lalu lintas menuju Jakarta dari ketiga arah yaitu  55,4 persen dari arah timur, 24,1 persen dari arah barat, dan 20,5 persen dari arah selatan.

Adapun rincian distribusi lalu lintas sebagai berikut: 

Arah Timur

- GT Cikampek Utama 2, dengan jumlah 48.827 kendaraan menuju Jakarta, naik sebesar 58,2% dari lalin new normal.
- GT Kalihurip Utama 2, dengan jumlah 31.231 kendaraan menuju Jakarta, turun sebesar satu persen dari lalin new normal.
Total kendaraan menuju Jakarta dari arah Timur adalah sebanyak 80.058 kendaraan, naik sebesar 28,3 persen dari lalin new normal. 

Arah Barat

Lalin menuju Jakarta dari arah Barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 34.794 kendaraan, turun sebesar 14 persen dari lalin new normal. 

Arah selatan

Sementara itu, jumlah kendaraan yang menuju Jakarta dari arah Selatan/Lokal melalui GT Ciawi 2 Jalan Tol Jagorawi sebanyak 29.698 kendaraan, turun sebesar 3 persen dari lalin new normal. 

Selain itu, dalam rangka antisipasi kepadatan arus lalu lintas menuju Jakarta di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jasa Marga melakukan penutupan sementara Tempat Istirahat (TI) KM 52B Arah Jakarta. Terhitung mulai hari ini, Minggu (03/01) pukul 08.00 WIB s.d Senin (04/01) pukul 08.00 WIB.

Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat adanya penutupan TI dimaksud. 

“Kami mengimbau kepada pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol,” katanya.

Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak) saat berada di Tempat Istirahat, isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara. Informasi lalu lintas di seputar jalan tol dapat diakses melalui Call Center 24 Jam di nomor 14080.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya