BPBD DKI: Katulampa Siaga 3, Warga Bantaran Sungai Waspada Banjir

Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat. (Ilustrasi)
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhammad AR (Bogor)

VIVA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memperingatkan terjadi kenaikan muka air di Bendungan Katulampa, Bogor, sekitar 130 cm, dengan status Waspada atau Siaga 3, Minggu pagi, 7 Februari 2021.

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Untuk cuaca di sekitar Pintu Air Katulampa dilaporkan hujan. Warga Jakarta, khususnya yang tinggal di bantaran sungai diminta waspada potensi banjir

"Dihimbau kepada warga yang tinggal di bantaran sungai agar waspada dan berhati-hati terhadap bahaya banjir," demikian siaran informasi yang disampaikan BPBD DKI Jakarta melalui akun media sosialnya.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Ketinggian muka air Bendung Katulampa ini sebelumnya dilaporkan masih dalam tahap normal meskipun turun hujan gerimis pada Minggu dini hari pukul 04.00 Wib, dengan ketinggian 50 cm (normal/Siaga 4).

Satu jam kemudian, pukul 05.00 Wib, BPBD melaporkan ketinggian muka air Bendung Katulampa mengalami kenaikan 70 cm namun masih dalam batas normal/siaga 4. Kondisi saat itu turun hujan. 

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Namun pada pukul 06.00 Wib, ketinggian muka air Bendung Katulampa naik drastis 130 cm (waspada/Siaga 3) dan kondisi turun hujan. BPBD mengingatkan akan potensi banjir di bantara sungai di lintasan Kali Ciliwung.

"Waspada untuk lintasan Sungai Ciliwung 6-9 jam kedepan air sampai di PA Manggarai," ungkap BPBD.

Untuk wilayah yang berada di lintasan Sungai Ciliwung: Balekambang, Bali Mester, Bidara Cina, Bukit Duri, Cawang, Cikoko, Cililitan, Duren Tiga, Gedong, Jagakarta, Kalibata, Kalisari, Kampung Melayu, Kampung Tengah, Kebon Baru, Kebon Manggis, Lenteng Agung, Palmeriem, Pancoran, Pejaten Timur, Pengadegan, Rawajati, Srengseng Sawah, Tanjung Barat, Manggarai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya