Warga Pilih Mudik Lebih Awal, Akhir April Diprediksi Meningkat

Kepala Terminal Lintas Lebak Bulus, Hernanto
Sumber :
  • VIVA/Vicky Fazri

VIVA – Menjelang diberlakukannya larangan mudik pada 6 Mei 2021 mendatang, aktivitas terminal bus antar kota di Jakarta mulai mengalami peningkatan. Di Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan, sejumlah warga yang akan bepergian keluar kota, khususnya wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur mulai ramai.

Mudik di Desa Penari

Para warga ini nampaknya lebih memilih mudik lebih awal ke kampung halaman sebelum aturan larangan mudik lebaran resmi diberlakukan. Sebab, pemberlakuan larangan mudik bersamaan berhentinya seluruh aktivitas moda transportasi, baik darat, laut maupun udara.

Kepala Terminal Lintas Lebak Bulus, Hernanto mengatakan ada ratusan penumpang bus antar kota setiap harinya yang berangkat mudik lebih awal dari Terminal Lebak Bulus, guna menghindari larangan mudik pada tanggal 6 Mei sampai dengan 17 Mei 2021.

Perbaikan Tol Trans Sumatera Rampung, KSP: Mudik Lebaran jadi Nyaman

"Untuk penumpang masih dikatakan stabil normal perharinya sekitar 150 sampai 250 paling agak meningkat di akhir pekan seperti Sabtu-Minggu mencapai 250," ujar Hernanto ketika ditemui Terminal Lintas Lebak Bulus, Rabu, 21 April 2021

Pihaknya akan mewaspadai peningkatan penumpang jelang akhir April hingga awal Mei, mendekati aturan larangan mudik dari pemerintah.

Catat, Ini Jadwal Penjualan Tiket Kereta Api Periode Idul Fitri 2022

"Mungkin perlu kita waspadai menjelang akhir bulan sampai awal bulan mei kedepan diketahui adanya larangan mudik dari pemerintah mulai 6 Mei sampai 17 Mei, kita perlu antisipasi kedepannya," ungkap Hernanto

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, salah satu pemudik yaitu Yuyu mengaku memilih berangkat mudik hari ini guna menghindari masa larangan mudik yang nantinya akan diberlakukan pemerintah.

"Sudah mengetahui tanggal 6 larangan mudik jadi duluan mudik," ungkap Yuyu yang bersama keluarga berencana mudik ke Kuningan, Jawa Barat.

"Pulang lebih awal pertama enak enggak terlalu mepet dan kalau mepet nanti enggak bisa pulang karena ada pemberlakuan larangan mudik, pengen ketemu kedua orang tua juga di hari Idul Fitri," imbuhnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya