Jalan Jakarta Kosong, Pesepeda Ugal-ugalan Hingga Tengah Jalan Raya

Jalan Sudirman, jekarta lengang di hari pertama Idul Fitri 2021.
Jalan Sudirman, jekarta lengang di hari pertama Idul Fitri 2021.
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon

VIVA – Hampir semua ruas jalan Jakarta nampak sepi pada hari raya Idul Fitri pagi ini, Kamis 13 Mei 2021. Misalnya saja di kawasan Mampang Prapatan, Kuningan, Jakarta Selatan.

Kemudian juga di kawasan Tanah Abang yang biasanya ramai. Nampak kendaraan yang melintas baik roda dua maupun roda empat tidak seramai biasanya.

Kawasan jalan protokol Sudirman-Thamrin juga nampak sepi pengendara. Tapi, di sana nampak ramai akan aktivitas para pesepeda.

Sayangnya, buntut kondisi jalanan yang sangat sepi ini para pesepeda tersebut terkesan ugal-ugalan. Mereka nampak bersepeda tidak pada jalur sepeda melainkan di jalur utama jalan raya.

Padahal, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan jalur sepeda yang bahkan telah diberi pembatas agar lajurnya tidak diserobot pengendara sepeda motor atau mobil. Jalur sepeda yang ada nampak percuma akibat aksi para pesepeda yang memanfaatkan sepinya kondisi jalan ini.

Saking ugal-ugalannya, mereka bersepeda hingga ke tengah jalan raya. Tak jarang pengemudi roda dua dan empat yang melintas membunyikan klakson mereka lantaran aksi pesepeda yang memakan jalan hingga ke tengah tersebut.

Selain kelakuan ugal-ugalan pesepeda, tak sedikit juga pengendara motor banyak yang melanggar lalu lintas, karena kondisi jalan yang kosong pagi ini di Jakarta. Mereka melawan arus hingga berkendara tanpa menggunakan helm.