Jelang Upacara HUT RI, Jalan Menuju Istana Merdeka Ditutup

Akses Jalan Menuju Istana Merdeka Akan Ditutup Jelang Upacara HUT RI ke-76
Sumber :
  • VIVA/ Willibrodus

VIVA – Aparat kepolisian akan melakukan penutupan jalan dan pengalihan arus lalu lintas, yang mengarah ke kawasan Istana Merdeka Jakarta, di Jalan Medan Merdeka Utara. 

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

Penutupan ini dilakukan, untuk mensterilkan area sekitar Istana pada saat upacara hari ulang tahun atau HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, yang akan dilaksanakan pada Selasa 17 Agustus 2021 sekitar pukul 10.00 WIB.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, mulai pagi ini, arus lalu lintas di seputaran Istana Merdeka akan dialihkan. Pengalihan ini akan berlangsung hingga seluruh rangkaian perayaan HUT ke-76 RI, selesai.

Akun TikTok Disita, Polisi Pastikan Galih Loss Belum Dapat Untung dari Kontennya

"Yang pertama dari arah Bundaran Patung Kuda menuju ke Istana kita tutup sampai arah Harmoni. Kemudian dari Harmoni yang menuju Istana juga kami tutup," kata Sambodo.

Kemudian, lanjut Sambodo, Jalan Veteran III juga akan ditutup. Termasuk Jalan Medan Merdeka Timur juga akan ditutup untuk pelaksanaan upacara.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

"Kemudian sekitar pukul 10.17 WIB yang ditandai dengan biasa dentuman meriam ataupun sirine, maka di persimpangan-persimpangan yang ada anggota polisinya kita akan hentikan arus lalu lintasnya. Kita harapkan untuk rekan-rekan semuanya bisa berdiri dan memberikan penghormatan selama peringatan detik-detik proklamasi," lanjutnya.

Penghormatan ini pun hanya akan berlangsung ketika sirene berbunyi. Untuk pembukaan kembali jalur yang ditutup, akan dilakukan secara situasional, yakni sampai upacara kenaikan bendera selesai.

"Mungkin dari jam 7 pagi kami sudah tutup, sampai nanti kita buka lagi selesai upacara kenaikan bendera. Mungkin sekitar jam 11 lah, nanti kita lihat situasinya (baru dibuka). Kemudian nanti sore baru kita tutup lagi, pada saat upacara penurunan bendera dan kita buka lagi saat selesai acara penurunan," jelas Sambodo.

Karena itu, Sambodo mengimbau masyarakat untuk menghindari jalur-jalur yang menuju Istana Merdeka. Masyarakat dapat menggunakan sejumlah jalur alternatif yang telah disiapkan pada saat penutupan jalan dilakukan.

"Untuk yang ke arah dari jalur Sudirman-Thamrin yang menuju ke arah Kota Tua, Harmoni, Gajah Mada, Hayam Wuruk, silahkan lewat ke alternatif. Bisa melalui Tomang, nanti setelah sampai di Harmoni belok ke kiri," sebut dia.

"Atau lewat jalur nanti di Patung Kuda ke kanan, ke arah Stasiun Gambir, nanti bisa lewat ke Masjid Istiqlal, kemudian nanti Tugu Adipura ke kanan atau lurus ke arah Veteran ke arah Harmoni juga bisa. Masih banyak jalan alternatifnya," tutup Sambodo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya