Anies Pamer Bangunan Hunian Kampung Akuarium yang Digusur Ahok

Kampung susun akurium
Sumber :
  • Instagram @aniesbaswedan

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memamerkan pembangunan Kampung Akuarium yang dibangunnya sejak dirinya menjabat menjadi gubernur.

Anies: Peran Koperasi, Warga Bisa Kelola Kampung Akuarium hingga Terhindar Pinjol

"Alhamdulillah 17 Agustus 2021 tepat setahun sejak peletakan batu pertama, pembangunan tahap 1 Kampung Susun Akuarium akhirnya tuntas," kata Anies dalam akun Instagram @aniesbaswedan di Jakarta, Rabu, 18 Agustus 2021. 

"Dua blok bangunan 5 lantai yang terdiri dari 107 unit hunian, telah berdiri kokoh dan dapat mulai dihuni oleh warga Kampung Akuarium," sambungnya. 

Digusur Ahok, Kampung Akuarium yang Dibangun Anies Raih Penghargaan di Korsel

Pembangunan Kampung Susun Akuarium merupakan program strategis Pemprov DKI Jakarta dalam hal peningkatan kualitas kawasan permukiman dan masyarakat yang bertujuan untuk memfasilitasi warga DKI Jakarta. Pembangunan ini juga disebut demi memenuhi rasa keadilan dalam bermukim dan memenuhi kebutuhan tempat tinggal yang layak huni, nyaman dan terjangkau.

"Kata kunci yang memungkinkan Kampung Susun Akuarium ini terwujud adalah kolaborasi," katanya. 

Kemah Jokowi dan Tanah Gusuran Ahok di IKN

Menurutnya, kolaborasi yang dimulai sejak perencanaan berlanjut pembangunan serta nanti saat pengelolaan akan jadi contoh dari kerja bersama antara warga-masyarakat, pengembang swasta, akademisi dan organisasi masyarakat sipil. Pemprov DKI Jakarta sudah mewujudkan Kampung Susun pertama di Jakarta.

"Di kampung ini, kita lunasi janji kemerdekaan yang dicita-citakan para pendiri bangsa. Lewat kampung ini, kita semua mewujudkan sila kelima dari Pancasila yakni Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia," katanya. 

Kata dia, lewat kolaborasi di sini akan mewujudkan identitas masyarakat Indonesia yakni gotong royong.

"Di kampung ini negara hadir membantu yang lemah untuk mendapatkan hidup layak, serta memberikan kesempatan kepada swasta untuk melunasi kewajibannya," kata dia.

Anies menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat yaitu PT Almaron Perkasa yang ikut andil membayar kewajibannya dalam bentuk Kampung Susun. Kemudian kepada Koperasi Akuarium Bangkit Mandiri yang terlibat sejak awal proses perencanaan sebagai bentuk partisipasi aktif warga. Dia juga mengapresiasi para aktivis/ LSM yang mendampingi warga. Tak ketinggalan kata dia, setiap elemen di pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang mewujudkan Kampung Susun ini terbangun.

"Kita semua menyadari perjalanan panjang perjuangan Kampung Akuarium. Selamat menempati hunian, penantian selama ini berbuah manis. Semoga Kampung Susun Akuarium ini membawa berkah bagi kita semua, menjadi solusi rumah bagi warga DKI Jakarta dan mewujudkan DKI Jakarta yang maju kotanya, bahagia warganya," katanya.

Diketahui bahwa kampung Akuarium digusur pada era Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Penggusuran dilakukan dengan alasan kawasan ini akan dirapikan dan ditertibkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya