Stasiun Pondok Rajeg Depok Bakal Diaktifkan Lagi, Selesai Tahun Depan

Rangkaian KRL Commuterline saat masa PSBB Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Paramayuda

VIVA – Stasiun Pondok Rajeg akan kembali diaktifkan, proyeknya akan dimulai pada tahun ini dan diperkirakan selesai pada tahun 2023. Hal itu diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Depok, Dadang Wihana.

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

Dadang mengatakan, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan telah memberikan lampu hijau kalau proyek reaktivasi Stasiun Pondok Rajeg bakal segera dilakukan pada tahun ini.

"Alhamdulillah, usulan Depok direspon baik Kemenhub untuk reaktivasi Stasiun Pondok Rajeg, mulai tahun 2022 dan 2023," kata Dadang dilansir dari situs resmi Pemkot Depok, Kamis 3 Februari 2022.

Stasiun Whoosh di Karawang Belum Beroperasi, Erick Thohir Ungkap Penyebabnya

Sebagai informasi, usulan melakukan reaktivasi Stasiun Pondok Rajeg ini telah dilakukan sejak Dadang menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok atau pada sekitar tahun 2021 lalu.

Pada kesempatan itu, Dadang menjelaskan, banyak manfaat yang akan dihasilkan dengan mengaktifkan kembali Stasiun Pondok Rajeg. Salah satunya pengembangan pusat pertumbuhan baru agar tidak terpusat di kawasan Jalan Margonda Raya.

188.481 Orang Naik LRT Selama Libur Lebaran di Sumsel, Naik Drastis

“Stasiun Pondok Rajeg juga akan berfungsi untuk mengurai pergerakan orang yang pergi dan datang dari DKI Jakarta menggunakan moda transportasi Commuter Line,” katanya.

Usulan reaktivasi ini dilakukan agar layanan transportasi publik semakin nyaman, terlebih saat ini stasiun tersebut hanya dilewati oleh kereta dari Stasiun Citayam ke Stasiun Nambo.

"Di Stasiun Pondok Rajeg juga akan kami kembangkan simpul transportasi dalam rangka merealisasikan amanat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Depok 2021-2026 dalam hal konektivitas transportasi," tambah Dadang.

Untuk diketahui, Stasiun Pondok Rajeg dibangun pada 1990-an. Pada era Orde Baru stasiun ini aktif menghubungkan pergerakan kereta api dari Parung Panjang hingga Cikarang. Kini kondisi stasiun tersebut tidak terurus karena jalur kereta di sana sempat mati untuk pergerakan orang.

Stasiun ini berada di lokasi yang strategis, karena berada di samping perlintasan kereta Jalan Raya Kampung Sawah dan perbatasan antara wilayah Kabupaten Bogor dengan Kota Depok.

Saat ini, jalur yang melintasi Stasiun Pondok Rajeg mulai aktif kembali dilintasi kereta Commuter Line tujuan Stasiun Nambo, Kabupaten Bogor dan Stasiun Citayam, Kota Depok. Jalur ini juga aktif dilintasi kereta barang yang mengangkut komoditas, seperti semen dan air minum kemasan dari Stasiun Nambo menuju Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya