6 Ribu Lebih Aparat Gabungan Kawal Unjuk Rasa Mahasiswa

Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya di Monas
Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya di Monas
Sumber :
  • VIVA / Foe Peace

VIVA – Sedikitnya ada 6.826 personel gabungan Polri dan TNI, diterjunkan guna antisipasi aksi unjuk rasa mahasiswa hari ini, Senin 11 April 2022. Para anggota tersebut akan melakukan pengawalan terhadap aksi, secara humanis. Polisi juga memastikan akan mengedepankan persuasif.

"Pertama laksanakan tugas dengan humanis dan persuasif. Junjung tinggi hak asasi dan mekanisme demokrasi untuk sampaikan pendapat," ucap Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran kepada wartawan, Senin 11 April 2022.

Mantan Kapolda Jawa Timur ini mengatakan, sebanyak 5.626 personel terdiri dari Brimob dan Kodam Jaya akan siaga di Patung Kuda, Monas, Gambir, Jakarta Pusat. Sementara itu, 1.200 personel gabungan akan ditempatkan di DPR/MPR RI.

Fadil mengimbau agar semua personel yang ditugaskan agar tetap mengawal aksi unjuk rasa dengan humanis. Dia mau, jajarannya mempedomani Peraturan Kapolri 01 2009 dan Prosedur Tetap 01 2009. 

Sementara itu Pangdam Jaya, Mayjen TNI Untung Budiharto menambahkan, pihaknya mengerahkan 1.333 personel membantu pengamanan unjuk rasa. Ia minta personel TNI juga tetap berlaku humanis kepada peserta aksi. 

"Tadi sudah saya apel untuk pastikan apa yang diperintahkan Kapolda betul-betul dilaksanakan," kata Untung menambahkan.