Arus Kendaraan Menuju Puncak Bogor Diprediksi Meningkat Hari Ini

Arus kendaraan di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Muhammad AR (Bogor)

VIVA – Arus lalu lintas kendaraan menuju Puncak, Bogor, Jawa Barat pada H+4 Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah diprediksi meningkat hari ini, dibandingkan dua hari sebelumnya. 

Prabowo Gelar Halal Bihalal Bareng 1.000 Pegawai Kemhan, Begini Pesannya

Peningkatan terjadi karena adanya one way dari Cikampek sehingga masyarakat yang mudik bersamaan dengan masyarakat berwisata. 

"Kami prediksi hari ini terjadi peningkatan karena hari ini bersamaan dengan weekend. Kemudian bersamaan dengan one way Tol Cikampek menuju arah Jakarta," ujar Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin di Gadog, Jumat, 6 Mei 2022.  

Awas! Oli Tumpah di Jalan Juanda Depok, Pengendara Diimbau Waspada

Arus lalu lintas menuju Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Photo :
  • Viva.co.id/ Muhammad AR (Bogor)

Dia menambahkan, "Sehingga kami mengantisipasi masyarakat yang menuju ke Bandung atau ke Cianjur ini akan berbarengan dengan masyarakat yang akan berwisata ke wilayah Puncak."

Semarang Night Carnival Akan Digelar Malam Ini, Arus Lalu Lintas Dialihkan

Iman mengatakan, terjadi fluktuasi jumlah kendaraan menuju Puncak sejak dua hari yang lalu. Berdasarkan data 48 ribu kendaraan yang masuk ke wilayah Puncak pada Rabu, 4 Mei 2022 dan 30 ribu kendaraan pada Kamis, 5 Mei 2022. 

"Hari ini dari pukul 07.00 WIB tim kami sudah melakukan penyusuran dari atas (Puncak) untuk melaksanakan one way ke arah Puncak dari Jakarta. Mudah-mudahan dalam satu jam ke depan sudah mulai satu arah ke Puncak semuanya," ujarnya. 

Iman menjelaskan, untuk jadwal one way seperti yang sudah diumumkan sebelumnya yakni dari pukul 07.00 sampai 12.00 WIB. Namun masyarakat perlu mengetahui, selama one way proses pembersihan jalur dari kendaraan sudah mulai sejak pukul 07.00 WIB. 

"Jadi tolong jangan dibilang macet, karena pembersihan jalur itu butuh waktu. Sampai jalur itu bersih baru full one way ke arah Puncak. Jadi ini mulai proses pembersihan kendaraan dari Puncak menuju Jakarta," katanya. 

Dalam proses full one way ini, Iman menjelaskan, ada sekat-skat yang dilakukan sebagai bentuk rekayasa. Tujuannya untuk mempercepat proses one way tersebut. 

"Sehingga di beberapa titik akan dilakukan penyekatan di jalur tersebut sehingga arus bisa tetap berkurang (terurai)," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya