Begini Langkah Polisi Terapkan One Way di Jalur Puncak Bogor

Arus lalu lintas menuju Puncak, Bogor, Jawa Barat.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Muhammad AR (Bogor)

VIVA – Sistem satu arah atau one way diberlakukan di kawasan Puncak Bogor, selama libur panjang maupun libur nasional seperti libur Idul Fitri 1443 Hijriah kali ini. Namun banyak masyarakat yang belum tahu bagaimana sistem one way diterapkan.

Catat, Libur Long Weekend 9-12 Mei Ganjil Genap Diterapkan di Puncak Bogor

One way sudah diterapkan secara permanen bahkan plang pemberitahuan sudah dipajang di rambu saat keluar dari Gerbang Tol Ciawi sejak pagi 07.00-14.00WIB. One way sendiri diberlakukan bagi kendaraan roda empat atau lebih. Tidak berlaku untuk roda dua sepeda motor.

Kapolres Bogor Ajun Komisaris Besar Polisi Iman Imanuddin menjelaskan, jadwal one way seperti yang sudah diumumkan sebelumnya yakni dari pukul 07.00 sampai 12.00 WIB.

Menhub Klaim Kepuasan Pemudik Capai 89 Persen pada Periode Mudik Lebaran 2024

Arus kendaraan di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Photo :
  • Viva.co.id/ Muhammad AR (Bogor)

Namun, kata Iman, masyarakat perlu mengetahui, selama one way proses yang pembersihan jalur dari kendaraan sudah mulai sejak pukul 07.00 WIB. 

Evaluasi Mudik 2024, Muhadjir Ungkap Sejumlah Catatan dari Jokowi

Pantauan VIVA, sebelum one way diberlakukan dari arah Jakarta menuju ke arah Puncak, polisi lebih dulu mensterilkan kendaraan dari arah Puncak ke arah Jakarta. Bagi yang ingin tetap di Puncak maka akan diminta menepi ke kantong-kantong parkir di rest area oleh-oleh. Dalam proses itu, terjadi kepadatan antrean.

Jika sudah, petugas akan membuka jalur kendaraan menuju Puncak. Saat pembukaan satu arah kendaraan sehingga padat secara bersamaan dalam waktu singkat.

"Jadi tolong jangan dibilang macet, karena pembersihan jalur itu butuh waktu. Sampai jalur itu bersih baru full one way ke arah Puncak. Jadi ini mulai proses pembersihan kendaraan dari Puncak menuju Jakarta," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya