Peringati Harkitnas, Wagub DKI Serukan Bangkit Bersama dari Pandemi

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah.

VIVA – Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjadi inspektur upacara dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 yang jatuh pada Jumat, 20 Mei 2022. 

Ia mewakili Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang sedang berkunjung ke Eropa. Ariza, sapaan Ahmad Riza Patria, membacakan pidato Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Johnny G. Plate yang menyerukan untuk bangkit bersama dari pandemi COVID-19.

"Kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-114. Pada tahun ini, 'Ayo Bangkit Bersama', menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja," kata Ariza dalam keterangannya, Jumat, 20 Mei 2022. 

Wagub DKI Jakarta Riza Patria.

Wagub DKI Jakarta Riza Patria.

Photo :
  • Rahmat Fatahillah Ilham/VIVA.

Dia melanjutkan, dalam kilas balik sejarah Kebangkitan Nasional, pemerintah mengajak masyarakat menelaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional. 

Pada 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahir perkumpulan Boedi Oetomo sebagai hari bangkitnya nasionalisme Indonesia. 

"Kiranya, semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. Di tengah krisis pandemi COVID-19 dan konflik Ukraina-Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa," kata Ariza.