Anies Ungkap Alasan Formula E Digelar di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, Formula E digelar untuk mengurangi masalah emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sebesar 30 persen pada tahun 2030 dan mencapai zero emisi pada tahun 2050.  

Relawan Tak Tolak Partai Pendukung Amin Bergabung Koalisi Prabowo-Gibran

“Kita perlu secara kolektif menyosialisasikannya, agar upaya yang kita cita-citakan dalam mengurangi emisi di kota-kota global, khususnya di Jakarta bisa terlaksana," kata Anies saat acara Meet and Greet dengan para pembalap Formula E, di Monas Jakarta, Kamis, 2 Juni 2022. 

Menurut Anies, tujuan ini untuk mendorong keberlangsungan kendaraan listrik ke depannya.  Maka dari itu, ke depannya Pemprov DKI Jakarta berkomitmen akan mengalihkan kendaraan bus TransJakarta menjadi kendaraan berbasis listrik untuk mengurangi masalah emisi dan polusi udara. 

PEVS 2024 Resmi Berakhir, Transaksi Diklaim Hampir Rp400 Miliar

Sirkuit Formula E Prix Jakarta

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Kami menunjukkan kepada dunia bahwa Jakarta siap menjadi kota global yang mengambil tindakan transformatif dalam mengatasi perubahan iklim, menciptakan lingkungan yang layak huni, dan memastikan mobilitas penduduknya bergantung pada transportasi umum listrik," katanya. 

Moeldoko Ungkap Rencana Pameran Kendaraan Listrik Diadakan di Luar Jakarta

Ia mengharapkan dari penyelenggaraan Formula E ini adalah dengan memperkuat tanggung jawab untuk mempercepat mobilitas yang berkelanjutan, serta menciptakan lingkungan hijau. 

"Pada balapan Sabtu ini, kita semua memiliki harapan yang besar kepada seluruh pembalap dan semoga menyajikan pertandingan balapan yang menyenangkan saat bertanding," ujarnya. 

Dalam kesempatan itu, ia menyambut baik kedatangan para tamu dari berbagai mancanegara pada acara Formula E. 

"Selamat datang kami ucapkan kepada seluruh jajaran komite, pembalap, serta para official. Ini merupakan sebuah kehormatan bagi Jakarta, karena berkesempatan menjadi tuan rumah dari ajang Formula E di seri balapan kesembilan untuk musim 2021-2022," katanya. 

Ia mengharapkan bisa menyaksikan sebuah pertandingan yang sengit dari para pembalap, khususnya yang akan disaksikan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC). 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya