Potret Kilas Balik Kecelakaan KRL di Bogor, Ada Gerbong ‘Terbang’

Ilustrasi kereta anjlok
Sumber :
  • ANTARA/Jafkhairi

VIVA – Kecelakaan pada moda transportasi kerap terjadi dari tahun ke tahun, termasuk kereta. Tak jarang sejumlah kecelakaan bahkan menelan korban jiwa. Penyebab insiden naas ini bisa muncul dari internal maupun eksternal. Dari internal misal akibat kelalaian manusia, sementara eksternal berasal dari sarana yang tidak berfungsi dengan benar atau sudah usang.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Pada umumnya kecelakaan kereta terbagi menjadi lima jenis yaitu tabrakan antar sesama kereta, tabrakan kereta dengan kendaraan lain, anjlok, banjir atau longsor, dan kejadian peristiwa lain seperti menabrak manusia atau hewan.

Ilustrasi kereta api melintas.

Photo :
  • KAI
Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Akibat kecelakaan sering kali wujud kereta menjadi mengerikan mulai dari remuk, hancur, terguling, sampai ada yang ‘melayang’ akibat terlalu kencangnya tabrakan.

Di Indonesia sendiri khususnya area Jabodetabek, beberapa kali pula kereta mengalami kecelakaan yang cukup parah. Pada 5 juni 2022, akun Twitter @txtdaribogor membagikan beberapa foto kecelakaan Kereta Rel Listrik (KRL) yang pernah terjadi di lintasan Bogor. Dalam cuitan tersebut terdapat empat foto dari empat peristiwa yang berbeda.

MPMInsurance Ungkap Perlindungan Asuransi Kecelakaan yang Banyak Orang Belum Tahu

Tabrakan KRL di wilayah Pondok Rumput

tabrakan KRL di Pondok Rumput

Photo :
  • twitter @txtdaribogor

Peristiwa ini terjadi pada 4 Oktober 2003 di mana sebuah KRL bernomor lokomotif 490 menabrak KRL dalam keadaan diam, lokomotif bernomor 488 di lintasan yang sama. Insiden tersebut menyebabkan satu gerbong bagian belakang KRL 488 patah dan terangkat hingga setinggi 20 meter. Puluhan penumpang dikabarkan mengalami luka berat dan ringan.

Tabrakan KRL ekonomi yang mogok di Bubulak

tabrakan KRL di Bubulak

Photo :
  • twitter @txtdaribogor

Tabrakan antara KRL Pakuan Ekspres dengan KRL Ekonomi nomor 549 mengakibatkan satu korban jiwa yakni asisten masinis KRL Pakuan Ekspres bernama Akbar Felani. Kecelakaan yang terjadi pada 4 Agustus 2009 ini disebabkan oleh KRL ekonomi yang sedang berhenti dihajar KRL Pakuan Ekspres dari arah Jakarta.

KRL anjlok menabrak Stasiun Cilebut

KRL anjlok di Stasiun Cilebut

Photo :

Olengnya KRL commuter line jurusan Bogor-Jakarta membuat sebuah gerbong posisi sebuah gerbong melintang dan menabrak pos pemeriksaan karcis di Stasiun Cilebut pada 4 Oktober 2012. Beruntung tidak ada korban jiwa pada peristiwa ini. Setelah diselidiki, penyebab anjlok KRL karena adanya rel kereta yang gopal. 

KRL anjlok di Stasiun Kebon Pedes

KRL anjlok di Kebon Pedes

Photo :
  • twitter @txtdaribogor

Tiga rangkaian gerbong dari KRL commuter line keluar dari rel kereta pada 3 Oktober 2019 di Stasiun Kebon Pedes. Akibatnya, kereta sempat menabrak tiga tiang listrik dekat perlintasan. Terdapat enam korban luka dalam kejadian tersebut, satu masinis dan lima penumpang wanita. Turunnya rel kereta menjadi penyebab anjloknya KRL ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya