Alex yang Didoakan Adik Jokowi Maju Bupati Bogor Tolak Tol Puncak

(FOTO ILUSTRASI) Antrean kendaraan memadati pintu keluar gerbang tol Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa, 25 Desember 2018.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

VIVA – Tokoh masyarakat Puncak Alex Purnama Johan atau APJ yang digadang nyalon Bupati Bogor mengkritik kebijakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang akan membangun tol yang akan melintasi akses wisata Puncak. Menurut dia, selain merusak alam jalan tol hanya diperuntukan segelintir orang bukan masyarakat Puncak.

Uang Haram Potong Insentif di Pemkab Sidoarjo Diserahkan Anak Buah Gus Muhdlor lewat Sopir

"Pembangunan jalan tol ini, ada perusahaan swasta yang mengelola. Ini kepentingan individu justru bukan pemerintah dan masyarakat. Saya mewakili masyarakat tidak begitu tertarik dengan jalan tol," katanya kepada VIVA, dikutip Jumat, 24 Juni 2022.

Lanjut Alex, semestinya pemerintah memberikan kajian yang mendalam sehingga dampak untung dan ruginya dapat diketahui masyarakat Kabupaten Bogor khususnya wilayah selatan.
Tak hanya itu, APJ berpendapat, tol Caringin menuju Puncak bukan untuk kepentingan masyarakat puncak melainkan untuk kepentingan objek wisata yang saat ini sedang gencar dibangun di wilayah Megamendung.

Gus Muhdlor Ditahan KPK, Subandi Ditunjuk Jadi Plt Bupati Sidoarjo

"Sementara untuk masyarakat tidak ada sama sekali merasakan dampak positif. Puncak tidak perlu jalan tol. Kita butuh jalan pariwisata jadi jalan yang seindah mungkin," jelasnya.

Adanya tol nanti, kata dia, kerugian ekonomi akan dirasakan masyarakat, seperti sulitnya berdagang akibat jalanan tidak dilalui wisatawan. Selain itu, faktor lainnya, pembangunan tol otomatis merusak alam yang ada di puncak.

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Resmi Ditahan KPK, Begini Awal Mula Kasus Korupsinya

"Tidak boleh berjualan di tol. Kerusakan alam juga akan terjadi. Saya tahu betul yang diuntungkan sebuah PT yang mengelola. Dibangunnya tol enggak ada keuntungan bahkan kerugian karena nanti tidak sedikit," jelasnya.

Alex menyebut potensi pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupeten Bogor terbagi dua wilayah besar yakni PAD wilayah Timur dan Selatan Puncak Bogor. Namun, pemerintah Kabupaten Bogor belum membangun proyek strategis di wilayah selatan.

"Kabupaten membangun di mana saja, apakah seimbang. PAD terbesar tapi pembangunan di Puncak begitu kecil sehingga membuka pelebaran ke Puncak aja tidak mampu. Bikin flyover lah kalau tidak mampu pelebaran. Setiap titik kemacetan itu saja tidak dilaksanakan. Ini yang kita tuntut ke depan," jelasnya.

Oleh karena itu, kata Alex, seharusnya cara mengatasi persoalan puncak dengan penataan simpul kemacetan dengan pembuatan flyover dan pelebaran jalan serta dengan publik transportasi yang baik. Dengan begitu, harapan masyarakat, aktivitas tidak terhambat.

"Kalau ada tol mati lah ekonomi ini. Puncak itu enggak besar hanya sebatas jalan aja. Hotelnya pun kalau di gabung tidak ada apa-apanya. Sementara tol diarahkan ke segelintir pihak pengusaha. Dan Pedagang di jalan alternatif puncak pasti mati. Saya mencalonkan bupati atau tidak saya tetap menuntut keadilan untul Puncak," jelasnya.

Alex sendiri merupakah tokoh masyarakat yang berada di wilayah Puncak Bogor. Nama Alex viral setelah dirinya didatangi Adik Presiden Joko Widodo (Jokowi) Idayati dan suaminya Anwar Usman, pertemuan berlangsung di kedai kopi kemarin Minggu 29 Mei 2022. 

Alex menyampaikan dalam pertemuan itu hanya pertemuan pertemanan dan mendoakan dirinya yang ingin maju dalam kontestasi pemilihan Bupati Bogor.

Baca juga: Proyek Tol Puncak-Cianjur Segera Dibangun, Ini Bocoran Jalurnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya