Mahasiswa Demo Tuntut Keterbukaan Draf RKUHP di DPR

Aksi Demonstrasi Tolak RKUHP dan UU KPK di gedung DPR/MPR. (Foto ilustrasi)
Aksi Demonstrasi Tolak RKUHP dan UU KPK di gedung DPR/MPR. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Sejumlah massa dari mahasiswa akan menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta Pusat, hari ini, Selasa, 28 Juni 2022. Aparat kepolisian pun diterjunkan untuk mengamankan jalannya aksi tersebut.

"Kita akan turunkan personel sesuai kebutuhan dan potensi kerawanan ya," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi, Komarudin kepada wartawan, Senin, 27 Juni 2022 malam.

Komarudin menjelaskan, sekitar 500 sampai 1.000 mahasiswa akan ikut serta dalam aksi demonstrasi tersebut. Mereka berasal dari elemen mahasiswa sejumlah kampus di Jakarta, diantaranya BEM Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Universitas Kristen Indonesia (UKI) serta beberapa blok politik pelajar.

"Mereka tergabung untuk menuntut soal RKUHP," bebernya.

Seperti diketahui, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI menyampaikan perihal rencana aksi unjuk rasa di depan DPR/MPR RI hari ini. Dalam unggahannya, demo itu dilakukan bersama dengan Aliansi Nasional Reformasi Rancangan Kita Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP).

Aksi tersebut merupakan desakan kepada pemerintah dan DPR yang dianggap tidak terbuka terkait draf RKUHP. Diketahui draf itu belum bisa diakses oleh publik hingga saat ini.

"Kami mengajak kawan-kawan untuk menguningkan jalanan Senayan pada hari, tanggal Selasa, 28 Juni 2022, pukul 11.00 WIB sampai dengan menang," tulis akun twitter BEM UI @BEMUI_Official, Senin, 27 Juni 2022.