Cegah PMK, Tangerang Sebar 289 Petugas untuk Pantau Pemotongan Kurban

Pemotongan hewan kurban.
Sumber :
  • VIVA/Sherly.

VIVA Metro – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang menerjunkan 289 petugas, untuk memantau pemotongan hewan kurban, pada Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah, Minggu, 10 Juli 2022.

Idul Adha Sebentar Lagi, Bank Muamalat Sediakan Layanan Kurban Online Pakai Mobile Banking

Diketahui, petugas dikerahkan ke seluruh masjid yang menggelar pemotongan hewan kurban di 104 kelurahan se-Kota Tangerang. Dirincikan, ratusan petugas yang diturunkan terdiri dari tujuh dokter hewan, dua paramedis beteriner, 11 penyuluh, 10 dokter hewan PDHI, 51 pegawai DKP dan 208 satgas hewan kurban.

"289 petugas disebar ke kelurahan yaitu dua satgas terlatih dan dua pegawai DKP di tingkat Kecamatan," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang, Abduh Surahman.

8 Waktu yang Diharamkan untuk Berpuasa Menurut Ajaran Islam

Hewan kurban.

Photo :
  • VIVA/Sherly

Bahkan, untuk memastikan hewan tersebut bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pertugas melakukan pemeriksaan hewan kurban sebelum dan sesudah penyembelihan.

Didukung Lebih dari 30 Negara, Idul Fitri-Idul Adha Kini Diakui UNESCO sebagai Hari Besar Keagamaan

"Pemeriksaan hewan kurban secara antemortem dan postmortem. Dimana, untuk yang antemortem lebih kepada fisik serta bebas PMK. Sedangkan tindakan postmortem dengan memeriksa seluruh bagian tubuh usai penyembelihan, yaitu memeriksa bagian jeroan, hati, paru hingga jantung," ujarnya.

Pihaknya memastikan hati, paru hingga jantung hewan kurban bebas dari cacing. Jika ditemukan cacing hati, dipastikan harus dibuang atau disarankan untuk tidak dikonsumsi.

Lanjutnya, khusus hewan kurban yang terindikasi PMK ringan atau sudah waktunya sembuh, petugas akan lebih teliti untuk memeriksa bagian mulut dan kaki.

"Di sini, ketidaklayakan konsumsi tersebut petugas yang diturunkan harus memastikan bagian-bagian tersebut dibuang ke lubang yang telah disediakan. Sehingga yang diterima, diolah dan dikonsumsi oleh masyarakat dalam kondisi aman dan layak," ungkapnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya