Pengamanan HUT ke-77 RI, 3.200 Personel Dikerahkan di Sekitar Istana

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin.
Sumber :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)

VIVA Metro – Ribuan personel kepolisian dikerahkan untuk mengamankan jalan di sekitar kawasan Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. Pengamanan ini dilakukan dalam rangka kegiatan upacara hari ulang tahun (HUT) ke-77 RI.

Istana Ungkap Alasan Jokowi Kunker ke NTB di Tengah Aksi Hari Buruh

"Untuk besok, sementara ada 3.200 personel," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi Komarudin saat dikonfirmasi wartawan, Selasa, 16 Agustus 2022.

Komarudin melanjutkan, pengamanan ruas jalan di sekitar kawasan Istana sudah mulai dilakukan sejak Selasa, 16 Agustus 2022 malam. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir adanya gangguan selama persiapan dan pelaksanaan upacara kemerdekaan, mengingat mobilitas masyarakat sudah kembali normal. 

Jokowi Ajak Relawan dan Menteri Nobar Semifinal Timnas U-23 di Istana

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin.

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Sebelumnya diberitakan, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengimbau pengguna jalan untuk menghindari kawasan Istana Merdeka dan Negara. Para pengguna jalan diminta tidak melewati kawasan Istana selama upacara peringatan HUT ke-77 RI berlangsung.

Prabowo Aktif Temani Jokowi, Pakar Politik: Menandakan Transisi Pemindahan Berjalan Mulus

"Kami sampaikan tanggal 17 Agustus besok, khususnya di sekitar Istana, kita akan menutup beberapa ruas jalan," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman, Selasa, 16 Agustus 2022.

Latif menegaskan bahwa pihak kepolisian akan menutup jalan dan melakukan strelisisasi dalam rangka pengamanan lokasi upacara peringatan kemerdekaan.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latief Usman (tengah)

Photo :
  • Istimewa

Ruas jalan yang nantinya akan ditutup yakni Jalan Merdeka Barat - Jalan Majapahit, Jalan Medan Merdeka Timur yang mengarah ke Istana Presiden dan Jalan Veteran. 

Latif menjabarkan, penutupan jalan dilakukan mulai pukul 21.00 WIB hingga berakhirnya upacara penurunan bendera merah putih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya