Anies Resmikan Kampung Susun Kunir untuk Warga yang Digusur Era Ahok

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Kota Tua Jakarta Barat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

VIVA Metro - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka dan meresmikan Kampung Susun Kunir yang berlokasi di Tamansari, Jakarta Barat. Kampung Susun Kunir ini ada rusun yang ditempati 33 keluarga yang digusur pada 2015 era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Anies soal Tawaran Bikin Partai Perubahan: Itu Kreativitas Orang di Medsos

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini, Sabtu, 10 September 2022, Kampung Susun Kunir secara resmi dipergunakan," kata Anies du Tamansari Jakarta Barat, Sabtu 10 September 2022.

Anies mengatakan, nantinya Kampung Kunir akan kembali dibangun di kawasan Kota Tua yang penuh sejarah. Pembangunan ini dengan mengedepankan tampilan yang lebih bagus dan modern dari sebelumnya.

Mimpi Ahok Tuntaskan Kemacetan di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Kota Tua Jakarta Barat

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Dia bilang Kota Tua sebagai kawasan peninggalan sejarah dengan heritage atau warisan. Selain itu, Kota Tua juga memiliki keunikan karena proses pembangunannya mempertimbangkan warisan sosial, budaya, ekonomi.

Kritik Pemprov DKI Soal Penonaktifan NIK, Ahok: Jangan Merepotkan Orang

"Kultural masa lalu yang dibawa ke masa kini. 

Anie menekankan tidak ada rusun lainnya selain rumah susun kunir yang ada di dalam kawasan Kota Tua.

“Jadi, tidak ada perumahan susun lain yang di dalamnya ada museum," ujarnya.

Kemudian, Anies menambahkan, penghuni yang penyandang disabilitas, akan menempati rumah di area bawah. Adapun Kampung Susun ini juga dilengkapi lokasi UKM dan fasilitas lainnya sepeperti ruang serbaguna, hingga galeri.

Dalam peresmian ini, Anies ditemani Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria hingga Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Sarjoko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya