Wagub DKI Minta Pembangunan Pulau G Sesuai RDTR

Wagub DKI Ahmad Riza Patria
Wagub DKI Ahmad Riza Patria
Sumber :
  • VIVA/Riyan Rizki

VIVA Metro – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta pembangunan di Pulau G harus merujuk pada Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 31 Tahun 2022 tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR). Adapun di dalam Pergub tersebut, Pulau G ditetapkan sebagai zona permukiman.

"Semua pembangunan yang ada di Jakarta tidak terkecuali di Pulau G itu harus sesuai dengan RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah), RDTR yang ada, jadi pengembang dimana pun di DKI Jakarta harus menyesuaikan dengan itu," ujar Riza kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat 30 September 2022. 

Meski demikian, pembangunan permukiman ini belum dirumuskan akan diperuntukkan bagi siapa. Diketahui, Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PKS Yusriah Dzinnun meminta agar Pulau G dibangun rusunawa.

Pulau Reklamasi Jakarta

Pulau Reklamasi Jakarta

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Terkait usulan tersebut, Wagub DKI mengatakan bahwa apapun bentuk pembangunan di Pulau G harus berlandaskan kesepakatan antar pengembang pulau dan Pemprov DKI Jakarta. Sehingga tidak ada pembangunan yang tidak diketahui oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Nanti peruntukannya (pembangunan) seperti yang sudah sering disampaikan nantikan tentu disitu akan disesuaikan apakah permukiman, ada komersil, ada perkantoran, memerhatikan lingkungan dan tentu ruang terbuka hijau," ucap Riza.

Riza menambahkan, pembangunan di setiap wilayah di DKI Jakarta tidak dibeda-bedakan. Termasuk, lanjut dia, pembangunan permukiman pada Pulau G tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title