Waspada Banjir, Hujan Diperkirakan Masih Guyur Jakarta dan Sekitarnya

Hujan lebat dan banjir (ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/HO/H. Prabowo

VIVA Nasional – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) masih mengeluarkan peringatan dini cuaca di DKI Jakarta hari ini, Jumat, 7  Oktober 2022. Masyarakat diminta waspada terkait potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang pada sore hingga menjelang malam hari ini.

Banjir Bandang Landa Afghanistan, 330 Orang Meninggal

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di Jakbar, Jaksel dan Jaktim pada sore hingga menjelang malam hari," demikian pengumumannya seperti dikutip VIVA di laman resmi. 

Tembok MTsN Pondok Labu roboh akibat diterjang banjir

Photo :
  • Damkar DKI
Sebagian Besar Jakarta Cerah Berawan Pagi Hari Ini

BMKG memperkirakan hujan akan turun pada siang hari. Intensitasnya, hujan ringan akan turun di Jakarta Barat dan Jakarta Pusat. Kemudian hujan petir diperkirakan turun di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Sedangkan Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu berawan. 

Kala malam hari, wilayah DKI yang diprediksi masih turun hujan ringan adalah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Utara. Sedangkan Kepulauan Seribu berawan. 

12 Orang Meninggal Dunia Akibat Banjir Lahar Dingin Marapi

Kemudian pada dini hari nanti, cuaca Ibu Kota mayoritas berawan tebal. Hanya daerah Jakarta Utara Kepulaun Seribu yang diguyur hujan ringan.

Suhu udara di Ibu Kota hari ini ada di kisaran 23-30 derajat celsius dengan kelembapan 70-95 persen.

Sementara itu di daerah penyangga di Banten juga turun hujan, menurut BMKG. Bahkan ada peringatan hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah. Di antaranya Kabupaten Pandeglang bagian Utara, Kab. Serang bagian Timur dan Selatan, Kab. Tangerang bagian Tengah dan Selatan, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan.

"Waspada potensi banjir/genangan akibat curah hujan tinggi," tulis peringatan dini BMKG. 

Sedangkan di Jawa Barat juga diprediksi akan turun hujan lebat pada siang hingga malam hari hari. Wilayahnya adalah Kab. dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab dan Kota Bekasi, Kab Purwakarta, Kab Subang, Kab Karawang, Kab Indramayu, Kab dan Kota Cirebon, Kab dan Kota Sukabumi, Kab Cianjur, Kab Bandung Barat, Kab dan Kota Bandung. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya