Kapolda Metro Kukuhkan Tim Anti Tawuran di Manggarai

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Yeni Lestari

VIVA Metro – Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran mendatangi kawasan Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan pada Selasa, 11 Oktober 2022 sore. Kedatangan Fadil tersebut dalam rangka silaturahmi sekaligus melakukan pengukuhan tim anti tawuran di kawasan Manggarai.

Polisi Blak-blakan soal Parkir Liar Depan Masjid Istiqlal yang Patok Tarif Rp150 Ribu

Sejauh ini, kawasan Manggarai khususnya di dekat underpass kerap dijadikan lokasi tawuran antar remaja dalam beberapa waktu terakhir. 

Penanganan tawuran ini menjadi tugas besar Polres Metro Jakarta Selatan di bawah kepemimpinan Kombes Pol Ade Ary selalu Kapolres Metro Jakarta Selatan yang baru. Tak hanya itu, dalam penanganannya, sejumlah stakeholder pun turut dilibatkan, termasuk masyarakat.

Tinjau Sejumlah Wilayah, Komjen Fadil Imran Pastikan Kesiapan Polri Amankan KTT WWF 2024 di Bali

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran

Photo :
  • VIVA / Yeni Lestari

"Ini awal, kita akan bekerja serius, kita akan bekerja dengan komprehensif. Kita akan melibatkan semua stakeholder termasuk masyarakat. Karena penelitian tentang penyebab tawuran di Manggarai saya kira kalau dicari literaturnya mungkin ada satu gudang," ujar Fadil di Manggarai.

Saling Intip Kekuatan Menuju Olimpiade 2024, PBSI Tak Mau Kecolongan

Dalam kesempatan tersebut, Fadil meminta Kombes Ade Ary untuk mencari tahu penyebab tawuran yang sering terjadi di Manggarai. Menurutnya, jika penyebab sudah diketahui maka penanganan tawuran bisa lebih cepat diselesaikan.

"Saya bilang ke pak Ade Ary cari data dan penyebab tawuran di sini. Jadi sudah banyak penelitian, tinggal bagaimana sekarang kita bergerak bersama, supaya tawuran ini bisa kita selesaikan," katanya.

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Ade Ary

Photo :
  • VIVA / Yeni Lestari

Dalam kegiatan tersebut, Fadil melakukan pengukuhan secara simbolis dengan mengenakan rompi kepada dua orang warga yang tergabung dalam tim anti tawuran. 

Fadil berharap, pengukuhan tersebut tidak hanya menjadi seremonial belaka. Melainkan keinginan untuk menghilangkan tawuran di Manggarai bisa terwujud melalui kerja sama tim tersebut. Diketahui, ada 120 warga yang menjadi perwakilan tim anti tawuran tersebut. 

"Pak Ade Ary saya ingatkan betul dari awal, kita bukan mau seremonial. Kita mau ini betul-betul gerakan dari akar rumput yang sifatnya substansial," ujar jenderal bintang dua itu.

Diberitakan sebelumnya, Kapolres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Besar Polisi Ade Ary mendatangi warga Manggarai guna mencegah tawuran 'perang mercon' yang terjadi di Underpass Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan, selama satu bulan belakangan. Hasilnya, polisi dan warga sepakat membuat tim anti tawuran pada tiap rukun warga (RW).

"Akhirnya kami berterima kasih muncul kesadaran dari bapak dan ibu sekalian bahwa di setiap RW dibentuk tim anti tawuran. Kemudian secara bersama-sama kita membentuk tim pantau," kata Ade kepada wartawan, Rabu, 5 Oktober 2022. 

Ade mengaku telah mendapatkan bukti video tawuran di Underpass Manggarai dari pihak camat setempat. Karena itu, Ade mengatakan, pihaknya juga bakal mengusut para pelaku tawuran tersebut dari video yang telah dimiliki kepolisian. 

Lebih lanjut, Ade mengatakan, pihaknya akan mengedepankan pendekatan persuasif kepada pelaku ketimbang represif. Dengan begitu diharapkan mampu mengetuk kesadaran pelaku untuk tidak melakukan tindakan tawuran di lokasi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya