Hari Sumpah Pemuda, Mahasiswa hingga Buruh Demo di Ibu Kota

Ilustrasi aksi demonstrasi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

VIVA Metro – Sejumlah elemen bakal menggelar demonstrasi di Ibu Kota, Jumat, 28 Oktober 2022. Sedikitnya ada enam lokasi unjuk rasa hari ini di Jakarta.

Soroti Insiden Warga dan Mahasiswa Katolik Unpam, Benyamin: Tak Boleh Terulang Lagi

"Jumlah titik aksi ada enam," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Endra Zulpan kepada wartawan, Jumat, 28 Oktober 2022.

Menurut dia, estimasi massa kurang lebih 2.215 orang. Demo di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha (Indosat), Gambir, Jakarta Pusat, menjadi aksi dengan jumlah massa terbanyak. Ada 1.950 orang yang bakal menyampaikan pendapatnya di sana.

Pengakuan Pelaku Membunuh Paman dan Jasadnya Dibungkus Sarung

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Salah satu elemen massa yang turun aksi pada Hari Sumpah Pemuda ini adalah Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI). Massa BEM SI perkiraan mencapai 1.000 orang. Aksi juga berlangsung di depan gedung Kementerian Kesehatan. Massa buruh bakal demo soal kasus bayi tewas akibat sakit gagal ginjal.

Komisi VI DPR Tak Setuju Penerapan Sistem 4 Hari Kerja dalam Seminggu di BUMN

"Tuntutannya soal usut tuntas kasus meninggal bayi gagal ginjal dan berhentikan industri obat-obatan yang melanggar aturan," katanya. 

Kemudian, gedung Kementerian ESDM dan Kemenko Marves juga bakal didemo. Lalu juga aksi bakal dilangsungkan di depan Kedutaan Besar Jepang dan Kedubes Amerika Serikat. 

Ilustrasi Massa berdemonstrasi

Photo :
  • VIVA.co.id/ Bayu Nugraha

Mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan ini meminta warga beraktivitas seperti biasa dan tidak perlu khawatir. Pasalnya, personel gabungan bakal mengawal agar aksi berjalan damai.

Ribuan personel gabungan dari TNI, Polri, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta disiagakan. Massa aksi diminta bisa menyampaikan pendapat dengan tertib dan tidak mengganggu aktivitas warga lain yang tidak ikut unjuk rasa.

"Total ada 3.236 personel pengamanan diturunkan hari ini," katanya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya