Jelang Demo 411, Polisi Pasang Beton Pembatas dan Kawat Berduri

Polisi pasang beton pembatas dan kawat berduri untuk amankan demo 411.
Sumber :
  • VIVA/ Yeni Lestari.

VIVA Metro - Ribuan massa akan menggelar demonstrasi bertajuk 'Aksi 411' di kawasan Istana Negara, Jakarta Pusat, siang ini, Jumat, 4 November 2022. Jelang aksi tersebut, polisi mulai menutup akses jalan menuju Istana Merdeka dengan menggunakan kawat berduri hingga pembatas jalan.

Kebenaran Kasus Gamer Fat Cat Terungkap, Netizen Merasa Dikhianati

Pasang Water Barrier

Berdasarkan pantauan VIVA, polisi memasang water barrier di Jalan Medan Merdeka Barat dan Medan Merdeka Barat. Dengan begitu, kendaraan dari arah Harmoni yang akan menuju Istana Negara tidak bisa lagi melintas.

4 Polisi yang Ditangkap Pesta Narkoba di Depok Cuma Direhab

Polisi pasang beton pembatas dan kawat berduri untuk amankan demo 411.

Photo :
  • VIVA/ Yeni Lestari.

Bentangkan Kawat Berduri

Detik-detik Dump Truk Hantam Pria di Koja hingga Kakinya Hancur

Kemudian, polisi juga membentangkan kawat berduri di tengah jalan sekitaran Patung Kuda, Jakarta Pusat. Di depan kawat berduri juga terdapat pembatas jalan berupa barrier beton untuk menghalau massa aksi yang nekat menerobos masuk menuju Istana.

3 Ribu Personel

Sebelumnya, sebanyak tiga ribu personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan aksi demonstrasi di kawasan Jakarta Pusat, salah satunya terkait aksi bela rakyat jilid 4 (Akbar 411) di Patung Kuda, Gambir.

"Ada 3.790 personel yang dikerahkan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan kepada wartawan, Jumat, 4 November 2022.

Kibarkan Bendera Merah Putih di Patung Kuda

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan ini menjelaskan jumlah personel itu guna mengawal dua aksi yang ada. Dia menyebut personel yang dikerahkan adalah personel gabungan. Ada dari unsur TNI, Polri, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Polisi mengimbau agar para pendemo bisa menyampaikan pendapatnya dengan tertib.

Adapun Persaudaraan Alumni atau PA 212 akan menggelar aksi demonstrasi di sekitar kawasan Istana Negara, Jakarta Pusat pada Jumat, 4 November 2022. Sejumlah tokoh agama, tokoh nasional hingga pendekar jawara akan hadir dalam aksi demontrasi tersebut.

"Korlap kami sudah memberikan surat pemberitahuan pada tanggal 20 Oktober, jadi sudah hampir 3 minggu kita memberikan surat pemberitahuan," ungkap Sekretaris Majelis Syuro PA 212, Slamet Maarif kepada wartawan, Kamis, 3 November 2022.

Kata Slamet, sejumlah tokoh mulai dari tokoh agama, tokoh nasional hingga pendekar jawara akan hadir dalam aksi demonstrasi tersebut. Meski begitu, Slamet belum dapat memastikan apakah aksi tersebut turut dihadiri Habib Rizieq Shihab.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya