Pohon Tumbang di Balai Kota, Begini Respons Pj Gubernur DKI

Pj Gubernur DKI, Heru Budi Hartono
Sumber :
  • Dok. Diskominfotik Jakarta Utara

VIVA Metro – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono secara khusus memberikan perintah kepada Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) untuk mengecek seluruh pohon yang berada di lingkungan Balai Kota DKI Jakarta, usai adanya insiden pohon tumbang pada Kamis, 10 November 2022.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Heru meminta agar Distamhut bisa melakukan pemeriksaan dan pemangkasan terhadap pohon-pohon yang ada di kantor Balai Kota.

“Sudah diperintahkan (ke Distamhut) untuk mengecek dan melakukan pemangkasan semua pohon,” kata Heru, Jumat, 11 November 2022.

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

Pj Gubernur DKI, Heru Budi Hartono

Photo :
  • VIVA/Riyan Rizki

Terpisah, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) Suzi Marsitawat mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan pengecekan secara rutin terhadap pohon tua yang berada di wilayah DKI Jakarta.

Heru Budi: Pembayaran Lahan Proyek Normalisasi Kali Ciliwung ke BPN

“Penopingan dilakukan secara rutin terutama terhadap pohon tua/rimbun. Dilaksanakan oleh Dinas dan suku Dinas di 5 wilayah kota,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat, Asril mengatakan total ada empat orang polisi menjadi korban tertimpa pohon raksasa yang tumbang di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 10 November 2022. 

Pohon tumbang di Balai Kota DKI, Kamis, 10 November 2022.

Photo :
  • Istimewa/VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

Mereka adalah Bripda Mahfud, Bripda Lukaman, Bripda Armi, dan Bripda Bionanda. Mereka telah dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan. Kemudian, ada puluhan kendaraan roda dua tertimpa pohon raksasa ini.

“Jumlah kendaraan roda dua tertimpa 55 motor," ujarnya kepada wartawan, Kamis, 10 November 2022.

Sebagai informasi, Kepala BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji mengungkapkan bahwa dalam kurun waktu seminggu telah terjadi sebanyak 24 kejadian pohon tumbang di wilayah Ibu Kota. 

Isnawa Adji mengungkapkan kasus pohon tumbang itu terjadi karena diakibatkan adanya cuaca ekstrem yang diperkirakan masih akan terjadi sampai Februari tahun 2023.

“Menurut data Pusdatin Kebencanaan BPBD DKI, terjadi sebanyak 24 kejadian pohon tumbang dengan rincian, Jakarta Selatan sebanyak 23 kejadian dan Jakarta Utara sebanyak 1 kejadian dalam kurun waktu 3-9 November 2022. Pada Kamis (10 November 2022) sore kemarin juga terjadi pohon tumbang di halaman Balai Kota akibat hujan yang disertai angin kencang,” kata Isnawa dalam keterangannya, Jumat, 11 November 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya