Brimob Sterilisasi Gereja-Gereja Ibu Kota, Cegah Teror Jelang Natal

Petugas menurunkan anjing pelacak untuk membantu pengamanan gereja di Kendal.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

VIVA Metro – Polda Metro Jaya menerjunkan tim untuk sterilisasi gereja jelang pelayaan Natal 2022. Langkah ini dilakukan guna memastikan keamanan dan kenyamanan umat Nasrani yang akan ibadah.

Terpopuler: Oknum Polisi Aniaya Siswa, Mahasiswa Demo Rektor hingga Suami Mutilasi Istri

"Gereja-gereja itu juga akan kita lakukan sterilisasi sebelum dilakukan peribadatan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan di Jakarta, Sabtu 24 Desember 2022.

Ilustrasi pengamanan di gereja

Photo :
  • ANTARA FOTO/Eric Ireng
Bakal Turun Tangan Tertibkan Jukir Liar di Jakarta, Kombes Latif: Kalau Maksa Itu Pidana

Lebih lanjut, Zulpan mengatakan sterilisasi akan dilakukan oleh personel Brigade Mobil (Brimob) Polda Metro Jaya. Personel tersebut telah dilatih khusus untuk mengantisipasi upaya teror.

"Sterilisasi itu kan dari Brimob, ada SOP-nya," ujarnya.

Korlantas Polri Setop Sementara Kirim Surat Tilang via WhatsApp, Ini Alasannya

Sekadar informasi, Polda Metro Jaya mengerahkan 7.421 personel kepolisian dalam Operasi Lilin Jaya 2022 mulai 22 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023. 

Operasi tersebut digelar dengan fokus untuk melakukan pengamanan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Ribuan personel tersebut selanjutnya akan disebar untuk pengamanan di 1.385 gereja yang ada di wilayah hukumnya.

Sementara itu, untuk operasi lilin secara nasional, Kapolri-Panglima TNI mengerahkan 166.322 personel gabungan untuk amankan natal dan tahun baru 2023. Aparat gabungan dari TNI, Polri dan instansi lainnya yang disebar di beberapa pos nantinya. 

“Operasi Lilin 2022 terdiri dari total personel 166.322 personel gabungan yang ditempatkan pada 1.845 pos pengamanan, 695 pos pelayanan dan 89 pos terpadu guna mengamankan 52.636 obyek pengamanan,” kata Sigit.

Ilustrasi pengamanan Natal.

Photo :
  • ANTARA Foto/Sigid Kurniawan

Menurut dia, Operasi Lilin 2022 akan berlangsung selama 11 hari dimulai pada Jumat, 23 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023. Setelah itu, kata dia, operasi dilanjutkan dengan kegiaan rutin yang ditingkatkan (KRYD) pada 3 sampai 9 Januari 2023

“Oleh sebab itu, Polri dengan dukungan penuh dari TNI serta kementerian lembaga pemerirntah daerah, mitra kamtibmas serta stakeholder terkait menggelar operasi kepolisian terpusat,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya