Libur Natal 2022, Imigrasi Soekarno-Hatta Catat 25 Ribu WNA Tiba di Indonesia

Suasana Bandara Soekarno Hatta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA Metro – Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta mencatat ada sebanyak 25.671 warga negara asing (WNA) yang tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Selasa, 27 Desember 2022. Angka tersebut tercatat pada periode Natal 2022, mulai tanggal 21 hingga 26 Desember 2022.

Gegara Syuting Ilegal, Dita Karang Hingga Hyoyeon SNSD Ditahan di Bali

Bukan cuma kedatangan, Imigrasi juga mencatat sebanyak 23.653 WNA yang kembali ke negara mereka melalui Bandara Soetta.

"Perlintasan WNA cukup tinggi pada periode libur Natal 2022. Dimana atas data tersebut juga dapat kita asumsikan bahwa angka wisatawan mancanegara tidak menurun setelah disahkannya RKUHP beberapa waktu lalu," kata Kepala Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta, Muhammad Tito Andrianto.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Suasana di Bandara Soekarno Hatta.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

Selain itu, pihaknya juga mencatat ada pergerakan penumpang WNI yang cukup tinggi, untuk melakukan perjalanan liburan menuju luar negeri. Sebanyak 86.319 WNI pergi ke luar negeri, dan 65.565 WNI tiba di Tanah Air.

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai

"Dari data tersebut saja dapat kita asumsikan bahwa orang Indonesia lebih banyak yang memilih liburan di luar negeri, bukan cuma domestik saja, hal ini juga tanda adanya kelonggaran aturan pascasituasi pandemi COVID-19," ujarnya.

Bandara Soekarno-Hatta.

Photo :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)

Untuk tujuan favorit, pihaknya mencatat ada 6 negara di antaranya Malaysia, Tiongkok, Jepang, Australia, Korea Selatan dan Singapura.

"Sampai saat ini, dua negara tetangga yaitu Malaysia dan Singapura menjadi asal negara orang asing pelintas masuk dan keluar Indonesia yang konsisten mengisi 5 teratas, mungkin karena secara lokasi paling dekat dan secara biaya juga paling murah," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya