Sopir Truk di Bekasi Diberi Sosialisasi Agar Terhindar dari Kecelakaan

Sopir di Bekasi diberikan sosialisasi keselamatan berkendara
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Metro – Komunitas Sopir Truk Jawa Barat (Jabar) pendukung Ganjar Pranowo, menggelar sosialisasi keselamatan berkendara untuk para supir truk di pangkalan truk Rawa Pasung di Kali Baru, Kecamatan Medansatria, Bekasi, Jawa Barat pada Rabu, 28 Desember 2022.

Tabrakan Maut HRV Vs Truk di Tol Medan-Tebing Tinggi, Kevin Tewas

Koordinator Wilayah Komunitas Sopir Truk Jawa Barat, Willy Shadli mengatakan, alasan pihaknya menggelar sosialisasi tersebut, adalah maraknya kecelakaan truk di jalan. Di mana berdasarkan pemberitaan yang ia baca, kasus kecelakaan yang melibatkan truk terus meningkat dari tahun ke tahun. 

"Oleh karena itu, kita dari KST (Komunitas Supir Truk) Jawa Barat ingin menggalakan sosialisasi kepada sopir-sopir truk di Jawa Barat, khususnya Bekasi agar bisa selamat jika berkendara dengan baik," ujar Willy.

Video Tabrakan Beruntun Mercy G-Class Hantam Tiga Kendaraan di Medan

Dalam sosialisasi tersebut, KST menyosialisasikan pentingnya bagi sopir truk untuk memperhatikan beberapa hal sebelum mereka bekerja di jalan. Mulai dari pemeriksaan mesin truk, tekanan angin, hingga pengecekan rem. 

Viral Aksi Pengemudi Mobil Parkir Paralel Secara Ugal-ugalan

"Pokoknya segalanya harus dicek sebelum berkendara. Agar di jalan tidak terjadi kecelakaan yang tidak kita inginkan. Lalu, misal ketika dia mengantuk di jalan, ya bertepi lah ke bahu jalan, agar dia bisa beristirahat dulu. Yang paling penting kami mengingatkan bahwa ada keluarga yang menanti kepulangan para sopir ini di rumah," jelasnya. 

Selain sosialisasi keselamatan berkendara, Willy menjelaskan bahwa berkumpulnya ratusan sopir truk dari berbagai wilayah di Bekasi tersebut juga untuk menjalin silaturahmi ke sesama keluarga supir truk. 

"Hari ini kita juga ada agenda berbagi sembako untuk mereka. Para penerima adalah sopir truk, istri-istri dari supir truk, kenek, montir, juga warga sekitar yang kurang mampu," tuturnya. 

Komunitas ini pun berkomitmen untuk terus menjalin silaturahmi ke lebih banyak sopir truk di wilayah lain di Jawa Barat. Mereka akan menampung keluh kesah para sopir, berusaha menyelesaikan masalah dengan bermusyawarah, dan kembali mengadakan sosialisasi keselamatan berkendara untuk mencegah lebih banyak kasus kecelakaan kendaraan truk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya