Sungai Cidurian Meluap, Puluhan Rumah di Tangerang Terendam Banjir 1 Meter

Petugas saat mengecek lokasi banjir dengan perahu karet.
Sumber :
  • Istimewa/Sherly

VIVA Metro - Hujan deras yang mengguyur wilayah Tangerang menyebakan volume air di Sungai Cidurian meluap sejak, Jumat, 30 Desember 2022. Imbasnya perumahan sekitar terendam banjir hingga Sabtu pagi tadi.

Rumah dan Sekolah di Tasikmalaya Juga Rusak Akibat Gempa Garut, 13 KK Terdampak

Dari laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, ada puluhan rumah dengan 48 Kepala Keluarga (KK) di kawasan Cikande, Jayanti, Kabupaten Tangerang terendam banjir. Ketinggian banjir dilaporkan mencapai 1 hingga 1,5 meter pada Sabtu, 31 Desember 2022. 

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang, Abdul Munir mengatakan, air di sungai sudah menunjukkan peningkatan sejak Jumat kemarin. Dan, akhirnya sungai meluap dan merendam rumah warga.

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

"Awal air hanya 30 sentimeter, lalu makin lama naik sampai 1 meter, karena hujan yang terus mengguyur wilayah Tangerang," jelas Munir. 

Banjir rendam perumahan kawasan Cikande, Jayanti, Kabupaten Tangerang

Photo :
  • Istimewa/Sherly
Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Dia mengatakan, saat ini para korban banjir dievakuasi ke musala terdekat. Meski demikian, masih ada juga beberapa warga yang memilih bertahan di rumah masing-masing. 

"Ada yang sudah dievakuasi ke musala. Rata-rata ibu hamil, lansia, dan anak-anak. Namun, ada juga yang memilih bertahan dirumah," ujarnya. 

Adapun petugas kini melakukan upaya penyurutan air dengan menggunakan pompa air. Petugas juga melakukan pembagian logistik kepada korban banjir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya