Tanggul Kali Penghubung Stasiun Tebet Longsor dan Puluhan RT Tergenang usai Jakarta Diguyur Hujan

Ilustrasi genangan air
Sumber :
  • Twitter @TMCPoldaMetro

VIVA Metro – Hujan dengan intensitas tinggi di Jakarta pada Rabu 4 Januari 2023, menyebabkan tanggul pembatas kali di dekat Stasiun Tebet, Jakarta Selatan, longsor.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji menyebutkan panjang longsor tanggul 5 meter dengan tinggi 2 meter dan menimbulkan aspal di Jalan Tebet Timur Raya retak. 

Insiden itu sudah ditangani petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) DKI Jakarta dan warga sekitar serta telah dipastikan tidak ada korban jiwa.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Ilustrasi mobil menerjang banjir

Photo :
  • VIVA/Krisna Wicaksono

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat melanda sebagian wilayah Jakarta. Menurut BPBD DKI Jakarta, ada genangan di beberapa titik di wilayah Ibu Kota.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

“BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 19 RT, saat ini menjadi 3 ruas jalan tergenang dan 28 RT atau 0,092 % dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta” kata Isnawa Adji dalam keterangannya.

Ilustrasi genangan air hujan

Photo :
  • VIVA.co.id/Radhitya Andriansyah

Jalan tergenang terdapat 3 ruas:

1. Jl. Ciledug Raya Kelurahan Cipulir, Jakarta Selatan--setinggi 55 sentimeter
2. Jl. Kemang Utara IX, Kelurahan Duren Tiga, Jakarta Selatan--setinggi 40 sentimeter
3. Jl. Kebayoran Lama, Kelurahan Grogol Utara, Jakarta Selatan-setinggi 35 sentimeter

BPBD sudah mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik.

Genangan ditargetkan surut dalam waktu dekat. Dia mengimbau agar masyarakat untuk terus berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. “Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam nonstop,” kata Iswana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya