Rawan Terjadi Gangguan, 4 Vihara di Tangerang Terapkan Pengamanan Khusus

Pernak pernik Imlek
Sumber :
  • VIVA/ Sherly/ Tangerang

VIVA Dunia – Jelang perayaan Imlek 2574 atau tahun 2023, Polres Metro Tangerang Kota memetakan empat vihara atau klenteng yang berpotensi atau rawan terjadinya gangguan, Minggu, 22 Januari 2023. 

Wow! Ada Senjata HS Kaliber 9 Mm di Dalam Mobil Polisi yang Tewas di Mampang Jaksel

Empat vihara tersebut, yakni Vihara Boen Tek Bio  di Kecamatan Tangerang, Vihara Nimmala Boen San Bio di Kecamatan Karawaci, Vihara Yang Sen Bio di Kecamatan Neglasari dan Vihara Hok Tek Bio di Kecamatan Teluknaga. 

"Ada empat vihara yang berpotensi adanya gangguan. Hal ini karena, jemaat yang ada di vihara tersebut cukup banyak, hampir seribu orang," kata Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho 

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Vihara Yang Sen Bio, Tangerang.

Photo :
  • Dok. Kecamatan Neglasari.

Alhasil, empat lokasi sembahyang itu dilakukan pengamanan khusus, mulai dari pengecekan keamanan, hingga penempatan petugas polisi yang cukup banyak dibandingkan dengan vihara lain, yang ada di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota. 

Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang

"Total di wilayah hukum kami ada 50 vihara. Dan 4 diantaranya akan mendapatkan fokus pengamanan lebih," ujarnya. 

Secara keseluruhan, personel yang diterjunkan sebanyak 813 petugas, yang nantinya berdasarkan assessment, diminta petugas keamanan dapat mengatasi potensi gangguan pada saat peribadatan. 

Sterilisasi juga dilakukan di para vihara-vihara tersebut, sebelum pelaksanaan peribadatan berlangsung. Sesuai dengan kesepakatan dengan panitia di setiap Vihara bahwa pelaksanaan peribadatan dilakukan secara bergelombang atau bergantian. 

"Skema penataan parkir, hingga alur masuk dan keluarnya jemaat sudah kita koordinasikan dengan panitia, supaya pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya