Kombes Trunoyudo Ungkap Tantangan Jurnalis di Era Berkembangnya Media Sosial

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Metro – Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan pada era media sosial yang berkembang jadi tantangan bagi profesi jurnalis.

Polisi Usut Apakah Lab Narkoba di Vila Canggu Bali Terkait Gembong Fredy Pratama

Kata dia tantangannya adalah untuk memberikan informasi yang edukatif juga kontrol sosial dalam menyeimbangkan informasi yang beredar serta dapat dipertanggungjawabkan. Hal itu dikatakannya saat merayakan Hari Pers Nasional ke-38 bersama Forum Wartawan Polri Polda Metro Jaya.

“Rekan-rekan harus memiliki narasumber, mengklarifikasi, menginvestigasi, tentu bisa dipertanggungjawabkan sebagai suatu produk jurnalis yang sesuai dengan profesional dan kode etik. Tentu hal yang sangat profesional dalam keseimbangan berita inilah untuk mengimbangi disruptif dari pada media sosial yang saat ini sejauh ini belum bisa dipertanggungjawabkan,” kata dia di Markas Polda Metro Jaya, Kamis 9 Februari 2023.

WN Ukraina dan Rusia Kompak Bikin Lab Narkoba dan Kebun Ganja Hydroponik di Vila Canggu Bali

Mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur itu mengaku dirinya selalu mengikuti perkembangan HPN terdahulu. Dia menyebut ada suatu makna tersendiri dari balik peringatan HPN.

Pengakuan Juru Parkir Liar Istiqlal yang Patok Harga Rp150 Ribu

"Tentunya ini sebagai suatu pilar atau salah satu pilar bangsa ini untuk menuju demokratis yang dengan tagline hari ini, Pers Merdeka tentu demokrasi bermartabat," katanya.

Sementara itu, Ketua Forum Wartawan Polri, Achmad Faruk berharap awak media bisa memahami arti dari HPN itu sendiri. Polda Metro Jaya bersama FWP juga menyambangi kampung pemulung di Cilandak, Jakarta Selatan untuk membagikan 100 paket sembako kepada mereka yang membutuhkan.

"Mudah-mudahan di hari pers ini jadi momentum buat teman-teman bisa memaknai esensi dari hari pers itu sendiri," ucap Faruk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya