Jadi Sekda DKI, Joko Agus: Saya Bantu Atasi Masalah di Jakarta

Sekda DKI Joko Agus Setyono (dua dari kiri) bersama Pj Gubernur DKI Heru Budi.
Sumber :
  • ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna.

VIVA Metro – Joko Agus Setyono telah dilantik sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta yang baru. Usai pelantikan, Joko tidak mengungkap secara gamblang program yang akan dilakukan dalam 100 hari kerja.

Pemprov DKI Jakarta Raih Penghargaan 3 Provinsi Terbaik, Wujudkan Kota Berketahanan

Joko hanya menegaskan, akan membantu dan mendukung penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono dalam mencapai program-program terbaik untuk ibu kota.

"Tugas saya membantu Pak Gubernur, itu saja. Dari program-program beliau, kita support," ucap Joko kepada wartawan, seperti dikutip, Kamis, 16 Februari 2023.

Kekayaan Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Naik Rp4,2 Miliar, Isi Garasinya Ada Harley dan Jimny

Dikatakan Joko, saat ini pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah memiliki berbagai program untuk membuat ibu kota semakin baik. Meskipun, ia tak menutup kemungkinan bahwa masih ada beragam permasalahan di Jakarta yang harus dihadapi. 

Kritik Pemprov DKI Soal Penonaktifan NIK, Ahok: Jangan Merepotkan Orang

Ia lantas kembali menekankan, akan membantu Heru Budi dalam penanganan masalah-masalah di Jakarta yang sampai saat masih menjadi PR Pemprov DKI.

"Intinya tugas saya adalah membantu beliau, Pak Pj Gubernur dalam rangka mencapai program-program pemerintah daerah, dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ada di Jakarta untuk supaya Jakarta lebih baik," ungkapnya.

Joko Agus Setyono menandatangani berita acara pelantikan sebagai Sekda DKI.

Photo :
  • ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna.

Sebelumnya diberitakan, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melantik Joko Agus Setyono sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta menggantikan Uus Kuswanto yang sebelumnya menjadi Penjabat Sekda.

Heru memandu pengucapan sumpah jabatan Sekda DKI Joko Agus Setyono di Balai Agung Balai Kota Jakarta, Rabu, 15 Februari 2023, sekitar pukul 16.25 WIB.

"Bahwa saya akan menjaga integritas tidak menyalahgunakan kewenangan serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela," demikian petikan ucapan sumpah jabatan di Balai Kota Jakarta, Rabu, 15 Februari 2023.

Selain mengucap sumpah jabatan, Joko juga menandatangani berita acara pelantikan dan pakta integritas.

Joko Agus Setyono (tengah) saat dilantik sebagai Sekda DKI Jakarta

Photo :
  • Instagram @herubudihartono

Joko Agus Setyono dipilih dan ditetapkan Presiden Joko Widodo sebagai Sekretaris Daerah DKI berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 13/TPA tahun 2023 soal pengangkatan pejabat pimpinan tinggi madya di Pemprov DKI Jakarta yang ditandatangani pada Senin, 13 Februari.

Pemilihan Joko Agus Setyono sebagai pejabat eselon 1B di Pemprov DKI itu merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo sesuai Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menyebutkan Presiden memilih satu dari tiga nama calon untuk ditetapkan sebagai Sekda DKI.

Joko yang sebelumnya merupakan Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Bali itu menyisihkan dua kandidat lain yakni Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma, dan Michael Rolandi Cesnanta Brata yang saat ini menjabat Kepala Badan Pengelola Aset Daerah DKI Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya