Ratusan Siswa SD Ikut Uji Coba Edukasi Pilah Sampah di Tangsel

Siswa SDN Kademangan 01 Tangsel mengikuti uji coba edukasi pilah sampah.
Sumber :
  • Yayasan Imaji Hijau Nusantara

VIVA Metro – Uji coba edukasi pilah sampah digelar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kademangan 01, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan (Tangsel), Kamis, 16 Februari 2023. 

Sambut Hari KI Sedunia, RuKI Bergerak Berikan Edukasi ke Seluruh Indonesia

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangerang Selatan, Deden Deni, merespons positif kegiatan yang diadakan Yayasan Imaji Hijau Nusantara tersebut.

Saat memberikan sambutannya, Deden minta setelah uji coba ini segera dilaksanakan edukasi pilah sampah di semua sekolah dasar (SD) yang ada di Tangerang Selatan. “Bisa dilakukan di 157 sekolah dasar negeri dan 180 sekolah swasta," kata Deden dalam siaran pers Yayasan Imaji Hijau Nusantara.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangerang Selatan, Deden Deni.

Photo :
  • Yayasan Imaji Hijau Nusantara

Deden menegaskan, masalah sampah di Tangerang Selatan perlu mendapat perhatian serius mengingat Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Cipeucang sudah penuh. Padahal produksi sampah di wilayah itu mencapai 400 ton per hari.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

“Mudah-mudahan edukasi pilah sampah hari ini bisa menjadi momentum untuk perbaikan masalah sampah di Tangsel,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Deden berharap, setelah mendapat edukasi para siswa menjadi lebih pintar mengelola sampah.

Deden mencontohkan jika bekas botol minuman dipilah, tidak dicampur dengan limbah lain, tidak akan menjadi sampah yang diangkut ke TPA tetapi justru mempunyai nilai ekonomi.

Siswa SDN Kademangan 01 Tangsel mengikuti uji coba edukasi pilah sampah

Photo :
  • Yayasan Imaji Hijau Nusantara

Ia minta para siswa tak lagi menempatkan sampah secara serampangan. “Janji tidak akan membuang sampah sembarangan lagi ya,” kata Deden.

Ketua Yayasan Imaji Hijau Nusantara, Eni Saeni, mengatakan, dalam uji coba edukasi ini pihaknya menggandeng para aktivis lingkungan dan para pengelola bank sampah sebagai mentor.

Mereka yang dilibatkan antara lain pendiri Bank Sampah Jaya Danakirti, Helda Fachri; aktivis lingkungan, Solichah Ratnasari; pemilik rumah ramah lingkungan, Bumi Macakal, Tanti dan Irman Yudiana.

Eni menuturkan, pihaknya segera melakukan persiapan untuk melakukan edukasi  pilah sampah di seluruh sekolah dasar (SD) di Tangsel.

Yayasan yang dipimpinnya, menurut Eni, akan menggandeng sejumlah pihak sebagai mitra dalam melakukan edukasi. “Kami tidak mungkin bekerja sendirian, banyak pihak yang akan kami ajak bermitra, ” ujarnya.

Uji coba edukasi pilah sampah di SDN Kademanagan 01 dilakukan di lima kelas, diikuti lebih dari 200 siswa. Mereka antusias menyimak paparan dan penjelasan para mentor.

Edukasi dikemas secara atraktif dengan menggunakan alat peraga serta contoh aneka sampah anorganik seperti botol plastik dan kaleng bekas wadah minuman.

Kepala Sekolah Dasar Kademangan 01, Tangerang Selatan,  Asih Andayani mengungkapkan, muridnya mendapatkan banyak pengetahuan baru setelah diedukasi tentang pemilahan sampah. “Terima kasih Yayasan Imaji Hijau Nusantara sudah datang dan mengedukasi murid -murid kami,” ujarnya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya