Imigrasi Tangerang Buka Layanan Pembuatan Paspor pada Akhir Pekan di Mal

Pengurusan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA Metro – Sejumlah inovasi terus dilakukan pemerintah bekerja sama dengan swasta, dalam hal pelayanan publik. Hal ini sebagai upaya memberikan kemudahan bagi masyarakat.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Salah satu inovasi tersebut dilakukan jajaran Imigrasi Tangerang, yang membuka layanan pembuatan paspor khusus akhir pekan.

Layanan ini dihadirkan di area mal, yakni Tangerang City Mall, dengan tujuan memudahkan masyarakat sembari berakhir pekan dengan keluarga.

DJKI - Tokopedia Bantu Kembangkan Usaha Produk Indikasi Geografis

Petugas melayani pemohon paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Bandung, Jawa Barat. (Foto Ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

"Jadi, untuk tahap awal, kami melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama terkait pelayanan paspor di gerai Tangcity Mall dengan pihak manajemen. Selanjutnya, pemohon mulai akhir pekan ini, sudah bisa lakukan pembuatan paspor di dalam mal ini," kata Kepala kantor imigrasi Tangerang Rakha Sukma Purnama, Rabu, 8 Maret 2023.

Geger Video Mesum Napi Narkoba dengan Wanita di Ruangan Lapas, Lagi Diusut Kemenkumham

Namun, pemohon harus mendaftar dan melihat kuota yang tersedia melalui aplikasi Mpaspor.  Setelah mendaftar, bisa langsung mendatangi gerai di dalam mal tersebut, untuk mengurus pemberkasan dengan tahapan mulai dari melakukan pemotretan paspor dan interview.

"Jadi, memberikan pelayanan di setiap akhir pekan dengan membuka kuota dan mendaftar menggunakan aplikasi Mpaspor, baik untuk paspor baru maupun penggantian, akan tetapi tidak untuk Paspor rusak, hilang, dan perubahan data," ujarnya.

Sementara, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Banten, Ujo Sujoto berharap, agar kegiatan ini dapat menghasilkan outcome membangun citra positif Imigrasi melalui penyebaran informasi.

"Sehingga bisa memberikan informasi kepada masyarakat, terutama terkait kemudahan pembuatan paspor," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya