Bantah Barang Sitaan Thrifting Dibagikan, Polisi Buru Pengunggah dan Penyebar Video

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Polisi menyelidiki perihal kabar barang bukti pakain bekas impor (thrifting) hasil pengungkapan diberikan ke kerabat penyidik untuk baju lebaran. Pengunggah video yang viral hingga penyebarnya tengah dicari tahu.

Viral! Aksi Nekat Bocah Bobol Minimarket di Semarang, Curi Uang dan Rokok

"Ya tentu kami akan mencoba mendalami, didalami oleh Ditreskrimsus kami tunggu kabarnya supaya terang," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Selasa, 4 April 2023.

Polda Metro Jaya tak menampik bahwa foto yang dipakai dalam video viral adalah barang bukti yang dipamerkan saat konferensi pers di tempatnya, tapi dilabeli keterangan yang tak bisa dipertanggungjawabkan. Trunoyudo minta masyarakat mengecek dulu apa yang seliweran di media sosial.

Mobil Listrik Xiaomi SU7 Punya Jarak Tempuh 800 Km, tapi Baru 39 Km Sudah Mati

"Tapi dimanfaatkan dengan subtitle yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Kedua akunnya masih fake dan screen shoot-nya tidak memilik identitas. Kami mengimbau jangan sampai ini berkembang menjadi satu opini. Ini eranya post truth di mana tidak lagi kebenaran tapi dilihat banyaknya suara kemudian menjadi pembenaran ini," katanya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Jukir Liar Patok Parkir Rp 150 Ribu di Depan Masjid Istiqlal Ditangkap

Pihaknya menegaskan tak ada barang thrifting yang disalahgunakan dan dimanfaatkan oleh oknum anggota. Dia minta agar masyarakat tak langsung percaya dengan unggahan yang tak bertanggungjawab tersebut. Polda Metro Jaya berkomitmen menjalankan proses penanganan perkara sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) dan undang-undang yang berlaku.

"Secara faktanya kami sampaikan barang bukti tersebut tertangani secara prosedur dengan baik dan tidak ada satupun keluar," katanya. 

Sebelumnya diberitakan, masyarakat dibuat geleng-geleng kepala setelah oknum polisi membagi-bagikan barang hasil sitaan.Barang hasil sitaan ini adalah baju-baju bekas atau yang sering disebut dengan dalboan. Terlihat dalboan tersebut sangat banyak.

Pakaian bekas impor

Photo :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

Dalam akun Instagram @unikinfo_id, membagikan sebuah tangkapan layar status Whatsapp seseorang yang menunjukkan terdapat oknum polisi yang akan membagikan hasil dalboan.

Dalam tangkapan layar tersebut terlihat sebuah foto yang menunjukan barang dalboan berkarung-karung.

Kemudian pada keterangan di status WhatsApp tersebut tertulis bahwa oknum polisi tersebut melarangnya membeli baju lebaran karena ia akan diberi baju dari barang sitaan tersebut.

"Ngakak banget punya Aa katanya 'Ga usah beli baju lebaran. Di kantor banyak barang-barang sitaan nanti dibawa pulang," tulis keterangan di WhatsApp Status yang namanya ditutup.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya