Alasan Heru Budi Tak Gelar Salat Idul Fitri di JIS Tahun Ini

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Usai Sidak Pegawai Pemprov
Sumber :
  • VIVA/ Riyan Rizki Roshali

VIVA Metro – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan alasan tak menggelar salat Idul Fitri tahun 2023 di Jakarta International Stadion (JIS). 

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Heru telah melakukan diskusi dengan para karyawan atau aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta soal salat Idul Fitri.

"Saya sih simpel-simpel aja di Balai Kota, karena dari hasil obrol-obrol kebanyakan minta di Balai Kota, para karyawan ya, saya di sini," kata Heru Budi kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 6 April 2023.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Heru Budi mengaku mengikuti pilihan para ASN Pemprov DKI. "Iya, 'mau salat Id di mana sih teman-teman?' 'Di sini aja pak (Balai Kota) kita, gampang'. Ya udah saya ngikut, saya rasa sudah fix di Balai Kota," kata Heru.

Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Riyan Rizki Roshali
Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

Dia memutuskan untuk melaksanakan salat Idul Fitri 2023 di Masjid Fatahillah Balai Kota DKI Jakarta.

Adapun usulan menggelar salat Idul Fitri di JIS disampaikan oleh anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Achmad Yani pada Selasa, 4 April 2023. 

"Pada waktu lalu di JIS itu ada acara. Malam takbiran, Pak, saya waktu itu hadir. Kemudian paginya ada acara salat Idul Fitri. Itu saya cukup semarak ya, cukup bagus. Nah, pada tahun ini, dilaksanakan atau tidak Pak?" kata Yani.

Menurutnya, usulan untuk menggelar salat Idul Fitri ini patut dipertimbangkan lantaran antusias masyarakat yang cukup baik tahun lalu.

Gedung Balai Kota DKI Jakarta

Photo :
  • VIVA/Syaefullah

Sejak diresmikan, JIS sudah dipakai untuk salat Idul Fitri dan salat Idul Adha pada era Anies Baswedan menjabat gubernur DKI Jakarta.

Penyelenggaraan salat Idul Fitri sepenuhnya berada di bawah tanggung jawab Pemprov DKI Jakarta, khususnya Biro Pendidikan dan Mental Spiritual DKI Jakarta. 

Menjawab permintaan Yani, Direktur PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Iwan Takwin mengatakan pihaknya selaku pengelola JIS belum bisa memastikan salat Id akan kembali digelar di stadion berkapasitas 82 ribu orang itu tahun ini atau tidak. 

Ia masih menunggu arahan lebih lanjut dari Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono. Iwan menyebutkan pada tahun 2022, Pemprov DKI mengadakan kegiatan salat Id di JIS. Acara yang mendatangkan banyak orang itu perlu koordinasi dengan berbagai pihak. "Jadi perlu memang kolaborasi melibatkan beberapa pihak-pihak terutama juga dishub dan dinas lainnya pak," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya