Bikin Macet Parah, Dishub DKI Tak Lagi Tutup Simpang Santa

Kemacetan parah imbas rekayasa lalu lintas di persimpangan Santa, Jaksel
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

VIVA Metro – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membuka kembali Simpang Santa yang menjadi penyebab kemacetan dalam beberapa hari terakhir. Persimpangan tersebut telah dibuka kembali seperti semula.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

"Jadi begini, jadi dari hasil evaluasi terhadap pelaksanaan uji coba pengaturan simpang ini, itu terlihat bahwa tidak ada perbaikan unjuk kerja dari secara ruas maupun jaringan. Oleh sebab itu, hari ini dikembalikan. Tentu dikembalikan semula, dengan melakukan beberapa perbaikan," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo kepada wartawan, Senin 17 April 2023.

Syafrin mengatakan pihaknya sudah mengatur siklus lampu lalu lintas di sekitar persimpangan tersebut. Syafrin menegaskan persimpangan Santa tak akan ditutup lagi. Dia juga menegaskan barier beton yang terpasang di Simpang Santa akan dibongkar malam ini.

PKB Bakal Usung Ida Fauziyah-Hasbialla Ilyas di Pilkada DKI

"Dikembalikan semula, nggak akan ditutup. Malam ini kita akan bongkar, kita akan penataan pengaturan ulang," katanya.

Pemprov DKI Jakarta Dukung Kerja Sama Proyek MRT Berkonsep TOD dengan Jepang

"Kemudian untuk layanan TransJakarta yang tadinya kita belokan masuk ke Jl Wolter Monginsidi akan kembali, masuk, langsung ke Tendean, begitu juga kita akan melakukan penataan parkir di kawasan Jl Suryo, Jl Wolter Monginsidi dan juga Senopati," sambungnya.

Pihak Syafrin juga akan mengaktifkan lampu lalu lintas di persimpangan Santa seperti semula. Mulai besok, kata Syafrin, Simpang Santa kembali normal.

"Iya malam ini kita akan aktivasi, malam ini kita akan aktivasi untuk lampu lalu lintas sehingga besok kondisi sudah normal. Jadi dari Wijaya bisa langsung mendapatkan lampu hijau untuk belok kanan ke arah timur jalan Tendean," tutur Syafrin.

Kemacetan akibat simpang Lampu Merah Santa Kebayoran Baru arah Tendean ditutup

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

Buntut penutupan di sana, imbasnya pun kemana-mana. Macet terjadi di Tendean, hingga ke Bangka. Juga di Senopati hingga SCBD. Tim VIVA yang coba ke lokasi penutupan u-turn bahkan harus berjalan kaki karena kemacetan yang ditimbulkan kemana-mana. Buntut kemacetan ini, pengendara motor juga jadi bar-bar berbondong melintas lewat trotoar di Jalan Wolter Monginsidi tanpa peduli ada pejalan kaki.

Sebelumnya, kemacetan parah terjadi di lampu merah Santa atau persimpangan Jalan Wijaya 1, Jalan Wolter Monginsidi, dan Jalan Suryo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sejumlah pengendara pun mengeluhkan kemacetan tersebut.

Diketahui penyebab kemacetan di persimpangan Lampu Merah Santa itu terjadi akibat adanya penutupan jalan tersebut. Yang semestinya dari lampu merah Jalan Wijaya 1 bisa langsung menuju Jalan Kapten Tendean kini para pengendara diarahkan melalui Jalan Suryo terlebih dahulu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya