Beda dengan Heru Budi, Polda Metro Tegas Imbau Warga Tak Konvoi Takbir Keliling

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Metro – Perbedaan sikap terjadi antara Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dengan Polda Metro Jaya terkait dengan tradisi konvoi takbiran keliling jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. 

Polisi Ungkap Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Diduga Menistakan Agama

Polda Metro Jaya menegaskan konvoi takbiran keliling jelang Hari Raya Idul Fitri dilarang. Hal ini dikarenakan kegiatan itu berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. 

"Terkait dengan tradisi adanya masyarakat untuk melakukan takbir keliling tentu kami mengimbau untuk tidak dilakukan langkah-langkah ini tentunya kembali dalam rangka memelihara Kamtibmas," ujar Trunoyudo kepada wartawan, Kamis, 20 April 2023.

TikToker Galih Loss Resmi Ditahan, Terancam Hukuman Penjara 6 Tahun

Trunoyudo berdalih, tradisi konvoi keliling ini bisa sebaiknya dilangsungkan di tempat ibadah. Sebab, jika diselenggarakan di jalan raya makan akan mengganggu kamtibmas di masyarakat. 

Polisi Tetapkan TikToker Galih Loss Jadi Tersangka Kasus Dugaan Penodaan Agama

Ia lantas menyebut, pihaknya bersama TNI dan Pemprov DKI akan mengawasi kegiatan jelang Hari Raya Idul Fitri termasuk konvoi keliling. 

"Silahkan (takbiran), tapi di tempat ibadah ya. Bawa anak-anak bawa keluarga takbiran, tentu ini menjadi suatu hal yang menyambut kemenangan pasca seluruhnya purna. Purna melaksanakan ibadah puasa untuk besoknya Idul Fitri," katanya.

Ilustrasi/Malam takbiran di jakarta

Photo :
  • ANTARA/Ismar Patrizki

Sebelumnya diberitakan, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengizinkan warga DKI Jakarta untuk melakukan konvoi saat malam takbiran atau jelang hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah. 

Pernyataan Heru Budi ini jelas bertolak belakang dengan imbauan dari Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya yang melarang warga melakukan aksi konvoi saat malam takbiran.

Heru berdalih, konvoi saat malam takbiran boleh dilakukan asalkan masyarakat tetap menjaga kesehatan dan keamanan saat berkendara. Ia juga mengimbau warga yang konvoi agar tidak lupa menggunakan helm.

"Ya asal hati-hati (boleh konvoi). Asal jaga keamanan, jaga kesehatan. (Imbauannya) ya jaga keselamatan saja, yang akan, pakai helm, jaga kesehatan, jangan mengganggu keamanan dan ketertiban," kata Heru Budi kepada wartawan di Stasiun Pasar Senen, Rabu, 19 April 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya