HUT ke 496 Jakarta, Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Hanya Rp 1 Besok

MRT Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Dalam rangka menyambut HUT DKI Jakarta ke-496, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan memberikan harga spesial sejumlah layanan transportasi seperti Transjakarta, MRT dan LRT.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

"Dalam rangka HUT DKI, untuk angkutan umum massal Jakarta ini akan di berikan kepada seluruh masyarakat, untuk layanan Transjakarta, MRT dan LRT itu gratis atau untuk pencatatannya sesuai dengan bank itu Rp1," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo kepada wartawan, Rabu, 21 Juni 2023.

Syafrin juga mengatakan tarif Rp 1 mulai berlaku pada jam 00.00 WIB nanti malam hingga Kamis, 22 Juni pukul 23:59 WIB. Dia juga menyebut tarif itu sudah sesuai dengan Public Service Obligation (PSO).

Tarif Bus Transjakarta Rp3.500 Rute Kalideres-Bandara Soetta Berlaku 1 Mei 2024

Bus Transjakarta

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

"Tentu itu keseluruhannya tetap ada PSO. Tetapi dalam pemberian insentif gratis pada 22 Juni ini tidak menambah platform PSO yang sudah disetujui," katanya. 

Pemprov DKI Jakarta Dukung Kerja Sama Proyek MRT Berkonsep TOD dengan Jepang

Untuk arus lalu lintas, kata Syafrin, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih akan menerapkan situasional, yang artinya akan ada kemungkinan ada pengalihan arus jika memang terjadi kemacetan. "Pengalihan arus kita situasional," katanya.

Tak hanya tarif sejumlah layanan transportasi saja, Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair 2023 juga kembali hadir untuk memeriahkan ulang tahun Ibu Kota yang jatuh pada Kamis, 22 Juni 2023.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair 2023 di Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Dengan mengucap Bismillah, pada malam hari ini secara resmi saya buka Jakarta Fair Kemayoran 2023," ujar Jokowi saat meresmikan Jakarta Fair 2023, Rabu, 14 Juni 2023.

Presiden Jokowi mengatakan pergelaran ajang pameran terbesar di Asia ini kehadirannya sangat ditunggu-tunggu oleh warga DKI Jakarta. Sekaligus, sebagai penanda hari ulang tahun kota Jakarta.

"Setiap tahun kehadirannya selalu ditunggu oleh masyarakat Jakarta dan menjadi penanda hari ulang tahun Kota Jakarta yaitu pada tanggal 22 Juni. Berarti minggu depan. Tahun ini ajang pameran terbesar, terlama, dan terlengkap di Asia Tenggara ini hadir kembali dan memasuki penyelenggaraan yang ke 54," katanya.

Jokowi berharap agar penyelenggaraan Jakarta Fair tahun 2023 dapat berjalan sukses. Dia juga menyebut penyelenggaraan Jakarta Fair tahun lalu terbilang lancar yang diikuti 6,9 juta pengunjung.

"Tahun lalu dikunjungi oleh 6,9 juta pengunjung dengan transaksi 7,3 triliun. Sebuah jumlah yang tidak kecil. Pada kesempatan yang baik ini saya ingin mengucapkan selamat ulang tahun kota Jakarta yang ke-496," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya