Kali Mampang Prapatan Meluap Hingga Rendam Pemukiman Setinggi Pinggang Orang Dewasa

Ilustrasi banjir di wilayah Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.

Jakarta – Sejumlah kawasan Jakarta Selatan, pada Jumat sore ini diguyur hujan deras. Akibatnya, sungai pun meluap karena intensitas hujan deras sore ini.

Wow! Ada Senjata HS Kaliber 9 Mm di Dalam Mobil Polisi yang Tewas di Mampang Jaksel

Berdasar pantauan, Sungai Mampang Prapatan meluap pada Jumat 7 Juli 2023 sekira pukul 16.15 WIB. Luapan sungai itupun mengakibatkan pemukiman warga di Kelurahan Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, terendam banjir hingga ketinggian mencapai pinggang orang dewasa.

Salah satu pemukiman warga yang kini terendam banjir itu yakni Perumahan Pondok Karya. Sejumlah warga pun berbondong-bondong membersihkan sampah hingga menghadang air masuk ke dalam rumahnya masing-masing.

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Banjir di Mampang Jakarta Selatan.

Photo :
  • VIVA/Vicky Fajri

Banjir pun juga menyebabkan warga yang membawa kendaraan, tak bisa memasuki perumahan Pondok Karya, karena tingginya volume air.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Salah satu warga bernama Dodi (40) mengatakan bahwa banjir di kawasan Perumahan Pondok Karya itu memang kerap terjadi terlebih curah hujan yang tinggi.

Menurutnya, banjir ini memang kerap terjadi sejak tahun 90-an silam. Bahkan pada bulan Oktober lalu ia mengaku pernah mencapai ketinggian air hingga 2 meter.

"Banjir pernah menyentuh 2 meter bulan Oktober 2022 akibat luapan air, kita sebagai warga mengantisipasi dengan cara meninggikan rumah ya," kata Dodi.

Dodi menjelaskan bahwa salah satu tembok rumah warga pun pernah jebol akibat luapan Sungai Mampang. "Pada tahun 2020 pas bulan Desember pernah ketinggian mencapai 2 meter lebih, dan arus sangat deras sampai salah satu tembok rumah warga sampai jebol," bebernya.

Ia pun berharap pemerintah bisa segera melakukan penanganan dengan cara melebarkan dan mengeruk Kali Mampang, serta menyediakan alat pompa untuk menyedot volume air. “Ya harapan untuk pemerintah segera di lebarkan dan dikeruk kalinya, lalu disediakan alat pompa air untuk menyedot air,” tegasnya.

Sebelumnya, Kasatpel Pengolahan Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta, Michael Sitanggang mengatakan bahwa hingga pukul 15.30 WIB dua Rukun Tetangga (RT) terendam banjir.

"Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Jumat, menyebabkan genangan di wilayah DKI Jakarta," ujar Michael dalam keterangannya, Jumat 7 Juli 2023.

Michael menjelaskan bahwa dua RT yang terendam banjir yakni berlokasi di Kelurahan Pela Mampang. "Jumlah: 2 RT dengan Ketinggian: 70 cm," kata dia.

Tak hanya itu, kata Michael, sejumlah ruas jalan juga ikut terendam banjir akibat hujan deras sore ini.

"Jl. Kemang Raya, Kel. Bangka, Kec. Mampang Prapatan (Depan Kemchiks) dan Jl. Raya Lenteng Agung, Kel. Tanjung Barat. Kec. Jagakarsa jalan tergenang," ucapnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya