Viral Petugas PPSU Jakut Disuruh Ngutang Pinjol oleh Atasan, Heru Budi Minta Usut

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.
Sumber :
  • Pemprov DKI

Jakarta – Beredar informasi bahwa seorang petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) di wilayah Jakarta Utara dipaksa oleh atasannya untuk meminjam uang melalui pinjaman online (pinjol).

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Berdasarkan informasi yang beredar, PPSU yang dipaksa melakukan utang pinjol itu berinisial M. Dia dimintai uang sebesar Rp1 juta oleh atasannya yang menjabat sebagai kepala seksi (kasi) di kelurahan tempatnya bekerja.

Menanggapi kabar tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono langsung meminta kepada tim inspektorat agar mengusut hal tersebut. Dia juga langsung menghubungi Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim.

Rendahnya Literasi Keuangan Picu Meningkatnya Korban Pinjol Ilegal

Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono kunjungi Pasar Kramat Jati, Jaktim.

Photo :
  • Viva.co.id/ Riyan Rizki Roshali

"Terkait dengan isu itu, tadi saya barusan tanya pak wali kota, kalau memang salah ya kita proses. Dan saya minta supaya inspektorat untuk mendalami," ujar Heru kepada wartawan, Jumat, 7 Juli 2023.

Heru Budi: Pembayaran Lahan Proyek Normalisasi Kali Ciliwung ke BPN

Mantan wali kota Jakarta Utara itu pun menilai pinjaman ilegal menjadi biang masalah jika tidak bisa diurus dengan benar. "Ya memang pinjol ini kalau tidak arif menggunakannya menjadi masalah," kata dia.

Terpisah, Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan tim inspektorat sudah memeriksa terkait Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terlibat pinjol tersebut.

"Iya kita sudah proses kemarin, baik itu di tingkat kelurahan maupun tingkat kecamatan dan saat tadi malam di tingkat wali kota dengan inspektorat kota Jakarta Utara. Sedang proses inspektorat, terkait dengan ASN-nya dan juga kita mencari tahu lagi berapa banyak PPSU (yang terlibat)," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya