Soroti Kemacetan di Ibu Kota, Ketua DPRD DKI: Keluar Rumah Aja Macet!

Jakarta macet. (ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Jakarta - Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi menyoroti kemacetan di Ibu Kota. Bahkan, kata dia, macet sudah sampai ke ruas-ruas jalan komplek perumahan.

BPS: Inflasi April 2024 Paling Rendah Dibanding Tiga Lebaran Tahun Sebelumnya

"Kita harus sadar ya, sebagai masyarakat gak sadar, gak bisa lihat ada penumpukan tengah jalan, akhirnya apa yang terjadi? Kemacetan dimana-mana, mau keluar rumah aja udah macet," kata Prasetio kepada wartawan di Jakarta Pusat, Kamis, 6 Juli 2023.

Pria yang akrab disapa Pras ini lantas mengimbau kepada masyarakat, jika hanya mempunyai satu garasi, maka kendaraan juga hanya satu.

BPS Catat Inflasi April 2024 0,25 Persen, Transportasi Jadi Pendorong Utama

"Nah kita ada peraturan daerah, satu rumah misalkan punya garasi cuma satu, ya itu harus satu mobil," kata Pras.

Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Mardiono Apresiasi Moncernya Perolehan Kursi PPP di DPRD Jabar: Naik 100 Persen

"Nah kalau diluar itu tugas pemerintah daerah, karena kalau diluar itu adalah fasum-fasum yang sudah diserahkan pada pemerintah, dan itu tugas fungsi daripada lurah/camat dan petugas-petugas pemda yang ada bisa melihat, ya dishub," sambungnya. 

Oleh sebab itu, Prasetio mendukung tindakan pemerintah daerah DKI yang ingin masyarakat di Ibu Kota beralih ke transportasi umum guna menekan kemacetan lalu lintas.

"Kan banyak sekali, sebagai pemda harus membuat transportasi umum yang baik, bagaimana menekan mereka untuk lari ke transportasi umum, ini kita sedang membangun nih," pungkasnya.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi mengaku optimis dengan solusi kemacetan yang dapat dijalankan di DKI Jakarta. Namun, kata Heru, permasalahan kemacetan memang tidak bisa selesai sekejap mata.

"Pemda DKI berkeinginan untuk menyelesaikan masalah ini secara bertahap, tidak bisa solusi itu selesai besok pagi, lalu lintas tidak macet--tidak bisa," kata Heru Budi.

Salah satu tindakan yang telah diambil oleh Pemprov DKI dan pihak lainnya untuk mengatasi kemacetan lalu lintas adalah dengan menambah jalur Transjakarta melewati perbatasan DKI Jakarta menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya