Ketua DPRD DKI Jakarta: JIS Dibangun untuk Olahraga, Bukan Pesta Musik

Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Jakarta - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengingatkan bahwa Jakarta Internasional Stadion (JIS) seharusnya digunakan untuk olahraga dan bukan pertunjukan musik.

Jukir Liar Patok Parkir Rp 150 Ribu di Depan Masjid Istiqlal Ditangkap

"Bukan apa-apa, sekali lagi, JIS dibangun itu untuk kepentingan olahraga, bukan untuk kepentingan pesta-pesta musik besar," kata Prasetio Edi kepada wartawan di Jakarta Pusat, Kamis, 6 Juli 2023.

"Dengan anggaran yang besar, kalau tidak dimanfaatkan dengan kegiatan yang baik akan rugi; dari mana mengembalikan uang Pemerintah Daerah itu?"

Partai Buruh Sebut Aturan Hanya Parpol Pemilik Kursi DPRD Berhak Usung Paslon di Pilkada Tak Adil

Jakarta International Stadium (JIS) atau Stadion JIS di Jakarta Utara

Photo :
  • Antara

Dia menyoroti soal konser band Dewa 19 yang beberapa waktu lalu digelar di JIS. Menurutnya, konser band tersebut tidak lancar dan “akhirnya berantakan”.

Heru Budi Minta Petugas Dishub dan Satpol PP Tertibkan Juru Parkir Liar secara Manusiawi

Politikus PDI Perjuangan itu menyebut salah satu penyebab konser band Dewa-19 berantakan adalah hanya ada satu akses pintu masuk dan keluar di JIS. Oleh sebab itu, Prasetyo mendukung rencana pemerintah pusat untuk melakukan perbaikan di kawasan JIS.

"Karena jalan masuknya cuma satu; kalau saya liat di TV mau dikasih jembatan layang supaya orang enggak fokus di satu pintu. Memang pintunya banyak tapi kan masuk ke area itu-nya yang enggak siap. Saya sih sebagai Pemda mendukung, sebagai Pempus (pemerintah pusat) mendukung semua," katanya.

Dewa 19 menggelar konser di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, pada 4 Februari 2023. Di balik megahnya konser tersebut, sejumlah kritik datang dari penonton karena fasilitas JIS yang dianggap tidak memadai.

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat memberikan keterangan pers.

Photo :
  • ANTARA/Syaiful Hakim

Para penonton rela antre berjam-jam terkena macet, bahkan banyak parkir liar di sekitar stadion hingga minimnya transportasi umum.

Merespons hal tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berjanji akan melakukan perbaikan terhadap infrastruktur di sekitar JIS. Sebab, infrastruktur di JIS dianggap kurang baik terutama area parkir dan transportasi publiknya.

Menurut dia, transportasi umum di sekitar JIS juga akan diatasi. PT. Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan mendukung setiap kegiatan di JIS dan bus-bus Transjakarta bisa masuk ke area JIS.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono juga menyoroti akses di kawasan JIS. Dia menemukan hanya ada satu akses yang existing di kawasan JIS. “Menurut saya, ini bahaya. Security-nya, apalagi di lingkungan penduduk. Jadi, akan ditambah lima akses lagi," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya