Soal Polemik Rumput JIS, Ketua DPRD DKI Sebut FIFA yang Berhak Tentukan Standarnya

Jakarta International Stadium (JIS) atau Stadion JIS di Jakarta Utara
Sumber :
  • Antara

Jakarta – Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi ikut menyoroti polemik rumput Jakarta International Stadium (JIS) yang disebut tidak memenuhi standar untuk pergelaran Piala Dunia U-17 pada November 2023 mendatang.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Menurut pria yang akrab disapa Pras ini, hanya FIFA yang berhak menentukan standar kualitas dari rumput lapangan sepak bola sebelum pergelaran piala dunia.

"Pada kenyataan yang ada nanti kan FIFA kan turun ya melihat. Gitu loh, standarisasinya FIFA kan, nanti kan mengacu kepada FIFA. Ya kita lihat aja nanti," kata Pras kepada wartawan di Jakarta Pusat, Kamis, 6 Juli 2023.

Tak Lolos Jadi Wakil Rakyat, Ini Tanggapan Adelia Pasha

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Ketum PSSI sidak rumput Stadion JIS

Photo :
  • Ist

Pras menyebutkan, Pemerintah Pusat tengah fokus untuk membangun infrastruktur JIS agar lebih baik ke depannya. Tak hanya soal rumput, melainkan akses juga harus diperbaiki.

KPU Tetapkan Dua Caleg PDIP dari Dapil Jakarta 10 Melenggang ke DPRD DKI

"Sekarang kan siapkan dulu medianya, layak atau tidak layak. Jika sudah di maksimalkan, kalau tidak layak, ya gak bisa dipakai juga," katanya. 

Sebagai informasi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono bersama dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono meninjau langsung kawasan Jakarta International Stadium (JIS).

Peninjauan tersebut dalam rangka perbaikan dan persiapan untuk pergelaran piala dunia U-17 di Indonesia. 

Basuki mengatakan ada beberapa fokus utama yang menjadi penting dalam perbaikan kawasan JIS, terutama rumput yang ada di lapangan.

Dia mengatakan rumput di lapangan JIS tidak sesuai standar FIFA. Oleh sebab itu, rumput di dalam lapangan JIS akan diganti agar memenuhi standar.

"Hari ini kami melihat JIS, stadion yang bagus namun kami evaluasi, kalau nanti dievaluasi FIFA mudah-mudahan bisa memenuhi standar, salah satu yang utama rumput," kata Basuki kepada wartawan, Selasa, 4 Juli 2023.

Kondisi rumput di berbagai stadion telah di evaluasi oleh ahlinya. Sehingga, rumput-rumput yang tidak memenuhi standar itu akan diperbaiki.

"Kondisi rumput sekarang menurut evaluasi ahlinya, yang juga mengevaluasi 22 stadion termasuk yang memasang rumput GBK untuk Asian Games, jelas tidak masuk dalam standar FIFA kalau dengan kondisi sekarang," ucapnya.

Oleh sebab itu, rumput di lapangan JIS akan diganti semua. Pembenahan rumput di lapangan JIS sangat penting diperbaiki agar stadion dapat digunakan 3 bulan ke depan.

"Namun ada solusinya. Kita akan ganti semua rumput tersebut sesuai ahlinya beliau, Pak Kamal sebagai ahli dan agronomi rumput di stadion. Menurut beliau, harus diganti, kalau mau 3 bulan bisa dipakai, itu untuk jangka pendek saja, mungkin jangka panjang mungkin harus diubah rumputnya. Jadi yang sekarang tak dapat memenuhi kriteria FIFA, untuk itu akan diganti rumput yang lain untuk dipakai U-17," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya