Kawal Pembangunan Sejak Awal, PKS Klaim Rumput JIS Sudah Sesuai Standar FIFA

Jakarta Internasional Stadium (JIS) atau Stadion JIS di Jakarta Utara
Sumber :
  • Stadion JIS

Jakarta - Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Muhammad Taufik Zoelkifli (MTZ) mengungkapkan bahwa Jakarta International Stadium (JIS) sudah berstandar FIFA. Dia juga mengungkapkan bahwa pihaknya mengawali pembangunan JIS sejak awal.

Juni 2024, PKS Akan Putuskan Sikap Koalisi atau Oposisi Prabowo-Gibran

"DPRD DKI Jakarta, terutama Komisi B melakukan pengawasan ketat saat pembangunan JIS berlangsung. Saya anggota Komisi B juga, jadi saya tahu banyak hal yang sudah dilakukan Jakpro (pengelola) dalam pembangunan JIS," kata Taufik kepada wartawan, Kamis, 6 Juli 2023.

Menurut Taufik, polemik pergantian rumput JIS yang sedang ramai diperbincangkan masyarakat itu sudah diperbincangkan oleh Jakpro kepada FIFA. Termasuk, kata dia, soal rumput di dalam lapangan JIS.

PAN Siapkan Kader Terbaik untuk Pilkada DKI, Salah Satunya Pasha Ungu

"Rumput JIS sudah konsultasi dengan FIFA, dan menyesuaikan dengan standar mereka yaitu memakai jenis hybrid," katanya.

Jakarta Internasional Stadium

Photo :
  • Instagram: Anies Baswedan
Komisi B DPRD DKI Bakal Rapat Khusus Bahas Kenaikan Tarif Transjakarta Pekan Depan

Tak hanya soal rumput, Taufik juga mengatakan lahan parkir di sekitar area JIS memang menjadi permintaan FIFA untuk menekan polusi udara hingga kemacetan lalu lintas. Sehingga anggaran sebesar Rp4,6 triliun sudah dialokasikan secara efektif. 

Oleh sebab itu, mewakili pihaknya, Taufik meminta pemerintah agar mengundang FIFA untuk melakukan pengecekan standar agar masalah ini menjadi lebih jelas.

"Usul saya adalah mengundang FIFA untuk meninjau JIS, dan menetapkan mana-mana saja yang tidak sesuai dengan standar dan mana yang sudah sesuai standar. Kita ikuti saja apa kata FIFA," pungkasnya.

Taufik meminta pemerintah mengurungkan niat mengganti rumput sebelum mendapat konfirmasi dari FIFA agar tidak membuang anggaran dengan percuma.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono bersama dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono meninjau langsung kawasan Jakarta Internasional Stadion (JIS).

Peninjauan tersebut dalam rangka perbaikan dan persiapan untuk pergelaran piala dunia U-17 di Indonesia. 

Pria yang akrab Pak Bas ini mengatakan ada beberapa fokus utama yang menjadi penting dalam perbaikan kawasan JIS, terutama rumput yang ada di lapangan.

Pak Bas mengatakan rumput di lapangan JIS tidak sesuai standar FIFA. Oleh sebab itu, rumput di dalam lapangan JIS akan diganti agar memenuhi standar.

"Hari ini kami melihat JIS, stadion yang bagus namun kami evaluasi, kalau nanti dievaluasi FIFA mudahan-mudahan bisa memenuhi standar, salah satu yang utama rumput," kata Basuki kepada wartawan, Selasa, 4 Juli 2023.

Pak Bas mengatakan, kondisi rumput di berbagai stadion telah di evaluasi oleh ahlinya. Sehingga, rumput-rumput yang tidak memenuhi standar itu akan diperbaiki.

"Kondisi rumput sekarang menurut evaluasi ahlinya, yang juga mengevaluasi 22 stadion termasuk yang memasang rumput GBK untuk Asian Games, jelas tidak masuk dalam standar FIFA kalau dengan kondisi sekarang," ucapnya.

Oleh sebab itu, rumput di lapangan JIS akan diganti semua. Pembenahan rumput di lapangan JIS sangat penting diperbaiki agar stadion dapat digunakan 3 bulan ke depan.

"Namun ada solusinya. Kita akan ganti semua rumput tersebut sesuai ahlinya beliau, Pak Kamal sebagai ahli dan agronomi rumput di stadion. Menurut beliau, harus diganti, kalau mau 3 bulan bisa dipakai, itu untuk jangka pendek saja, mungkin jangka panjang mungkin harus diubah rumputnya. Jadi yang sekarang tak dapat memenuhi kriteria FIFA, untuk itu akan diganti rumput yang lain untuk dipakai U-17," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya