Rampung Lebih Cepat, Gedung DPRD Gunungkidul yang Habiskan Rp36 M Bisa Dipakai Bulan Juli

Gedung DPRD Kabupaten Gunungkidul
Sumber :
  • VIVA.co.id/Cahyo Edi (Yogyakarta)

Gunungkidul – Anggota DPRD Kabupaten Gunungkidul akan segera mempunyai gedung baru. Gedung baru wakil rakyat Gunungkidul ini menghabiskan biaya Rp36 miliar.

PAN Siapkan Kader Terbaik untuk Pilkada DKI, Salah Satunya Pasha Ungu

Gedung tersebut diproyeksikan sudah bisa digunakan anggota DPRD Gunungkidul pada Juli 2024.

Pembangunan gedung baru DPRD Gunungkidul menyuguhkan perubahan signifikan dalam pelayanan publik bagi warga. 

Pengakuan Juru Parkir Liar Istiqlal Patok Rp 150 Ribu hingga Beda Fasilitas Kelas BPJS Kesehatan

Sekretaris DPRD Gunungkidul, Hery Sukaswadi menjelaskan pembangunan fisik gedung baru DPRD Gunungkidul sudah rampung sejak tahun lalu. Menurut dia, dengan pembangunan fisik yang sudah selesai maka saat ini tengah proses memindahkan perabotan ke gedung baru.

"Perabot secara bertahap dan masih memanfaatkan yang lama. Yang jelas, target bulan Juli harus sudah ditempati," kata Hery, Senin 29 April 2024.

Komisi B DPRD DKI Bakal Rapat Khusus Bahas Kenaikan Tarif Transjakarta Pekan Depan

Hery menuturkan gedung baru tersebut terdapat peningkatan fasilitas. Meskipun tak semuanya merupakan fasilitas yang baru.

"Standar fasilitas perkantoran dan ruang-ruang rapat serta kebutuhan alkap," tutur Hery.

Sementara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Kabupaten Gunungkidul, Irawan Jatmiko mengatakan pembangunan gedung baru DPRD Gunungkidul dijadwalkan selesai pada akhir November 2023.

Namun, dengan pengerjaan pengawasan yang ketat dan kinerja yang efisien, gedung DPRD Gunungkidul bisa rampung lebih cepat.

"Jadi, bulan Oktober 2023 itu sudah selesai dan sudah serah terima pekerjaan dari rekanan. Bisa dikatakan memang selesainya lebih cepat dua bulan," kata Irawan.

Menurut dia, hasil pengerjaan gedung wakil rakyat terbilang sesuai harapan. Sebab, setiap pekan, pihak DPRD melakukan monitoring untuk memastikan pembangunan sesuai dengan perencanaan.

"Karena pembangunan gedung baru DPRD ini Pemkab mengalokasikan Rp42 miliar. Tapi, setelah proses lelang, alokasi pembangunan hanya jadi sekitar Rp36.628.136.000," jelas Irawan.

Untuk pengerjaannya sendiri dengan skema tahun jamak yang dimulai tahun 2022 dengan total waktu pengerjaan selama 420 hari. Irawan bilang serangkaian fasilitas di gedung baru salah satunya memiliki empat lantai dan dilengkapi dua lift.

"Gedung lantai empat ini dilengkapi berbagai fasilitas, seperti joglo di bagian depan dan untuk aksesibilitas juga dilengkapi dengan lift," kata Irawan.

Adapun luas gedung utama 6.000 m2 dan luas joglo 144 m2. Fasilitas lainnya seperti 2 lift, tangga darurat, AC VRV setiap ruang hingga audio announcement.

"Fungsi ruang utama seperti lobi, ruang transit, sekretariat DPRD, ruang fraksi, ruang komisi, ruang pimpinan, ruang rapat paripurna, dan ruang pendukung lainnya," kata Irawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya