Lautan Manusia Tumpah Ruah, Arena Jakarta Fair 2023 Tetap Bersih dari Sampah

Penampakan arena Jakarta Fair 2023 atau PRJ bersih dari sampah.
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris.

Jakarta - Lautan manusia tumpah ruah di acara Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair 2023 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Namun, di sejumlah kawasan dalam PRJ Kemayoran terlihat tetap bersih pada Minggu malam, 9 Juli 2023.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Dari pantauan VIVA, tim sapu dikerahkan untuk memelototi sampah yang berserakan di arena dalam PRJ Jakarta Fair. Begitu ada sampah plastik makanan atau minuman di jalanan, tim sapu langsung mengangkutnya.

Ternyata, mereka memang diberi tugas untuk terus memperhatikan arena PRJ Jakarta Fair 2023. Jangan sampai ada sampah yang tampak, meskipun kecil seperti puntung rokok pun harus dibersihkan.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Perempuan asal Jawa Tengah, Mawar (nama samaran) mengatakan tim sapu bersih yang disebar di arena Jakarta Fair 2023 sekitar 500 orang. Menurut dia, para juru sapu disuruh membersihkan sampah bekas makanan atau minuman yang dibuang sembarangan.

"Kita harus peka untuk membersihkan sampah. Jangan sampai pengawas tahu. Ada sekitar 500 orang tim sapu bersih yang disebar di beberapa area," kata Mawar di arena PRJ Kemayoran pada Minggu malam, 9 Juli 2023.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Petugas membersihkan arena Jakarta Fair 2023 atau Pekan Raya Jakarta (PRJ).

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris.

Selain itu, Andi (nama samaran) pria asal Magelang ini mengaku bertugas sebagai tim kebersihan di Jakarta Fair 2023 sejak pertama kali dibuka. Tentu, ia harus peka membersihkan sampah-sampah yang berserakan.

"Kita diawasi dari kamera CCTV, harus perhatikan area Jakarta Fair jangan sampai ada sampah," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair 2023 di Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Dengan mengucap Bismillah, pada malam hari ini secara resmi saya buka Jakarta Fair Kemayoran 2023," ujar Jokowi pada Rabu, 14 Juni 2023.

Presiden Jokowi mengatakan pergelaran ajang pameran terbesar di Asia ini kehadirannya sangat ditunggu - tunggu oleh warga DKI Jakarta. Sekaligus, sebagai penanda hari ulang tahun kota Jakarta. 

"Setiap tahun kehadirannya selalu ditunggu oleh masyarakat Jakarta dan menjadi penanda hari ulang tahun Kota Jakarta yaitu pada tanggal 22 Juni. Berarti minggu depan. Tahun ini ajang pameran terbesar, terlama, dan terlengkap di Asia Tenggara ini hadir kembali dan memasuki penyelenggaraan yg ke 54," katanya.

Jokowi berharap agar penyelenggaraan Jakarta Fair tahun 2023 dapat berjalan sukses. Dia juga menyebut penyelenggaraan Jakarta Fair tahun lalu terbilang lancar yang diikuti 6,9 juta pengunjung. 

"Tahun lalu dikunjungi oleh 6,9 juta pengunjung dengan transaksi 7,3 triliun. Sebuah jumlah yang tidak kecil. Pada kesempatan yang baik ini saya ingin mengucapkan selamat ulang tahun kota Jakarta yang ke-496," katanya. 

Adapun jajaran pejabat yang hadir yaitu, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono; Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman; Menparekraf RI, Sandiaga Uno; Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi; Menteri ATR/BPN, Letjen TNI Hadi Tjahjanto.

Kemudian, Wakil Ketua MPR RI, Yandri Susanto; Wakil Ketua DPR RI, Lodewijk F Paulus. Selanjutnya ada, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono; KSAD TNI AD, Jenderal Dudung Abdurachman dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya