Ramai Diduga Hina Presiden, Ini Profil Rocky Gerung yang Dipolisikan Relawan Jokowi

Rocky Gerung
Sumber :
  • YouTube RGTV channel ID

Jakarta – Pengamat politik Rocky Gerung baru-baru ini menjadi sorotan publik terkait pernyataannya yang diduga sudah menghina Presiden Jokowi. Sejumlah relawan Jokowi diketahui melaporkan Rocky dengan tuduhan penghinaan buntut dari video viral yang beredar. 

Rocky Gerung Minta Anies Jangan Nyagub Lagi: Itu Lebih Bermutu, Ngerti Etika Politik

Dia memang sering mengkritik Jokowi sejak menjabat sebagai presiden. Dalam video yang diunggah ketua Cyber Indonesia Muannas Alaidid, Rocky Gerung tampak sedang mengisi sebuah acara. Di sana, ia menggebu-gebu saat melempar kritikan terhadap Jokowi. 

"Ambisi Jokowi adalah mempertahankan legacy-nya. Dia menawarkan IKN, mondar-mandir ke koalisi, untuk mencari kejelasan nasibnya, dia mikirin nasibnya bukan nasib kita. Itu ba**ngan yang to**l , sekaligus b**ngan pengecut," ungkap Rocky, dikutip Selasa, 1 Agustus 2023.

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Lantas, siapakah sosok Rocky Gerung?

Profil Rocky Gerung

Ratusan Alumni Akpol 96 Kumpul Bareng, Ada Apa?

Pengamat politik Rocky Gerung di Rakernas Partai Ummat

Photo :
  • VIVAcoid/Yeni Lestari

Rocky Gerung atau yang akrab disapa Bung Rocky lahir di Manado, 20 Januari 1959 silam. Ia memiliki latar belakang sebagai alumni ilmu Filsafat, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia. Ia lulus dari UI pada tahun 1086 silam. 

Perjalanan Karier Rocky Gerung

Rocky Gerung

Photo :
  • YouTube Indonesia Lawyers Club.

Pada tahun 2007, ia sempat mendirikan lembaga SETARA Institute yang fokus dengan isu kesetaraan, HAM, dan keberagaman. Pria berkaca mata ini berprofesi sebagai tenaga pengajar di Fakultas Ilmu Budaya UI dan ia sangat familiar dengan dunia pemikiran. 

Sebagai alumni filsafat, Rocky Gerung seringkali mengeluarkan pendapat memakai bahasa-bahasa filsafat yang mana sering menimbulkan pro dan kontra. Ia juga kerap menuliskan pandangannya di media. 

Nama Rocky Gerung mulai dikenal luas ketika ia sering menyampaikan kritikan terhadap era pemerintahan Joko Widodo. Salah satu isu yang diangkat adalah penanganan hoax atau berita bohong yang banyak beredar di media sosial belakangan ini. 

Rocky mengatakan bahwa pemerintah saat ini sedang panik dan ia menyebut bahwa pembuat hoax terbaik adalah pengusaha. Hal tersebut adalah salah satu kontroversinya. Sosoknya makin populer setelah sering tampil di Indonesia Lawyers Club di tvOne. 

Berbagai tema yang diusung ILC dengan host Karni Ilyas, Rocky Gerung berhasil menjawabnya dengan penuh filosofi. Saking menguasainya, ia sering kali disebut sebagai profesor. Tapi, ia menolaknya karena tidak perlu menjadi profesor.

Bukan hanya itu, Rocky Gerung juga bisa menjawab dan berinteraksi di media sosial Twitter. Cuitannya itu selalu beringas dan kadang mengocok perut. Berbagai komentar pun tak lupa ditinggalkan oleh warganet, baik itu pro maupun kontra. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya